PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) PROYEKTOR TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA DI TINGKAT SMK

Authors

  • Nurhayati Nurhayati STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8835

Keywords:

Media Pembelajaran, LCD Proyektor, Minat

Abstract

Karena peran penting yang dimainkan media pembelajaran dalam memfasilitasi keberhasilan proses belajar mengajar, sangat penting bagi pendidik dan guru untuk mahir dalam memakai alat pembelajaran yang paling dasar dan sederhana sekalipun. Siswa lebih terlibat dalam studi mereka ketika mereka memiliki akses ke media yang menarik. Dengan penelitian ini, kami berharap dapat mempelajari seberapa efektif penggunaan media pembelajaran. Minat Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di Siswa Kelas X di SMK Negeri I Ciomas, Kabupaten Bogor, seperti yang ditampilkan pada Proyektor Liquid Crystal Display (LCD). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Analisis statistik, pengujian hipotesis, dan analisis korelasi semuanya termasuk dalam temuan. Dalam hal ini H0 ditolak dengan product moment 0,935 dan t tabel 5% = 6,468, sedangkan Ha diterima. Media LCD Projector di SMK Negeri 1 Ciomas Kabupaten Bogor berpengaruh “Sangat kuat” terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa Media LCD Proyektor berpengaruh terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMK Negeri 1 Ciomas Kabupaten Bogor sebesar 88% (faktor lain mempengaruhi sisanya 12,6%)

References

Asy’ari, M. S., Priyatna, M., and Haryono. (2020). Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding: Al- Hidayah Pendidikan Agama Islam, 25–35.

Ratnah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media LCD Terhadap Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Jurusan Multimedia Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pinrang.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Riyanpedia. (2016) kelebihan-dan-kekurangan-menggunakan-media-lcd-proyektor.html

Rusmiati. (2017). “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA AL Fattah Sumbermulyo”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi. 1(1), 21-36.

R.Septiani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Air (Auditory Intellectually Repetition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma Negeri 14 Pekanbaru. 10–40.

Samsudin, M., & Zuhri, M. (2018). Perkembangan Pendidikan Islam Pada Masa Harun Ar-Rasyid Dan Al-Makmun. Al Ashriyyah, 4(1), 16-16.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Suparyanto Dan Rosad 2015. (2020a). Pengertian Minat. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Suparyanto Dan Rosad 2015. (2020b). Pengertian Pendidikan. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Wang, Z., & Adesope, O. (2016). Exploring the Effects of Seductive Details with The 4-Phasemodel of Interest. Learning and Motivation, 55, 65-77.

Wicaksono, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Buku Ajar. Garudhawaca.

Wahidin, U., Sarbini, M., and Tabroni, I. (2022). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 831. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3175

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nurhayati, N., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) PROYEKTOR TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA DI TINGKAT SMK. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 5(01), 67–78. https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8835

Citation Check