PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMPN 2 MEGAMENDUNG BOGOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK

Authors

  • Muhammad Al Hafiz STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Hidayat Ginanjar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8819

Keywords:

Pengelolaan, Perpustakaan, Minat Baca, Peserta Didik

Abstract

Membaca mendorong seseorang untuk mau, tertarik, atau tertarik untuk mempelajari sesuatu. Keinginan seseorang yang disertai dengan perasaan senang dan suka adalah untuk mengetahui sesuatu atau memperoleh sesuatu. Orang bisa memperbaiki diri dengan membaca. Untuk meningkatkan minat baca siswa, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengelolaan perpustakaan di SMPN 2 Megamendung Bogor. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif lapangan deskriptif interpretatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Pengelolaan Perpustakaan SMPN 2 Megamendung Bogor dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik (2) Mengetahui Kondisi Perpustakaan SMPN 2 Megamendung Bogor dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik (3) Mengetahui Minat Baca Peserta Didik di SMPN 2 Megamendung Bogor.(4) Mengetahui faktor-faktor pendukung Pengelolaan Perpustakaan di SMPN 2 Megamendung Bogor dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik.(5).Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat Pengelolaan Perpustakaan di SMPN 2 Megamendung Bogor dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik.(6) Mendeskripsikan solusi terhadap faktor-faktor penghambat Pengelolaan Perpustakaan di SMPN 2 Megamendung Bogor dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik

References

Bala, R., & Nasir, R. (2020). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Lakeisha.

Bangsawan, I. P. R. (2018). Minat Baca Siswa. Penerbit Dinas pendidikan, pemuda, olahraga, dan pariwisata.

Farhan, R. (2019). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Smpn 2 Kuta Baro Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam-Banda Aceh.

Greda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Edu Publisher.

Hasbiyallah, & Sujudi, N. (2019). Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosdakarya.

Iskandar. (2016). Manajemen Dan Budaya Perpustakaan. Refika Aditama.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.

Lubis. (2018). Manajemen Perpustakaan. CV Budi Utama.

Mangnga, A. (2015). Peran perpustakaan sekolah terhadap proses belajar mengajar di sekolah. Alias Mangnga / JUPITER, XIV(1), 39.

Pikri. (2019). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Alfalah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sari, D. A. (2018). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa Mengunjungi Perpustakaan. Institut Agama Islam Negeri Iain Metro.

Singesecia, R. (2018). Partisipasi Politik Masyarakat Tionghoa Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Slawi Kabupaten Tegal. Unnes Political Science Journal, 2(1), 66.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Al Hafiz, M., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2025). PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMPN 2 MEGAMENDUNG BOGOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 5(01), 39–52. https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8819

Citation Check