UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TINGKAT SMA

Authors

  • Faiq Shidqy Ar Ridlo STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Hidayat Ginanjar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8816

Keywords:

upaya, menghafal Al-Quran, Siswa

Abstract

Guru adalah pendidik yang membantu siswa dan lingkungannya mengidentifikasi diri sebagai tokoh, panutan, dan pendidik. Persyaratan tertentu untuk kualitas yang diperlukan untuk guru, termasuk akuntabilitas, kemandirian, tanggung jawab, dan disiplin. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui upaya guru Tahfiz dalam membantu siswa Kelas XI SMA Al Bayan Cibadak Sukabumi mengatasi tantangan menghafal Al-Qur'an selama tahun ajaran 2020–2021. Ilustrasi penelitian studi kasus kualitatif adalah penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Salah satu teknik analisis data adalah menarik kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Tahfiz untuk mengatasi tantangan hafalan Alquran meliputi (a) hafalan di pagi hari, (b) mengundang guru Hafiz dan Tahfiz, dan (c). Tidak banyak siswa yang kesulitan, (d). karantina, (e) matrikulasi Tahfiz. Berikut adalah unsur penunjang guru tahfiz: (a) minat; (b) bakat; (c) suasana yang nyaman; dan (d). Lingkungan. Sedangkan (a) merupakan unsur penghambat. Masalah kelancaran, kurangnya motivasi, kendala waktu, dan kemalasan semua mempengaruhi membaca. Maka, solusi yang dipilih adalah (a). Bengkel Tahsin, (b). memberikan instruksi dan inspirasi, (c) memberikan kesempatan untuk bersantai, dan (d) mendorong

References

Hasim, M. (2014). “Penerapan Fungsi Guru dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Ilmiah. 01(02).

Hidayati, Nurin dan Hidayat, Nur. (2018). “Kolaborasi Guru Kelas dan Tahfiz dalam Meningkatkan Konsep Diri peserta Didik Kelas Atas Penghafal Al-Qur’an di SDIT Baik”. Islamic Teacher Jurnal. 06(02).

Wahidin, Ade. (2018). “Dialektika Rasulullah terhadap Al-Qur’an”. Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. 03(02).

Abidin, Zainal. (2019). Upaya Guru Qiraati dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi (STAI) Al Hidayah Bogor.

Abdulwaly, Cece. (2017). 40 Alasan Anda Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Abu Zakaria Yahya, Iman bin Syaraf An-Nawawi. (2018). At-Tibyan: Adab Penghafal Al-Qur’an. Solo: Al-Qowam.

Ali, Mohammad Daud. (2011). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Aristanto, Eko, Hidayatullah, Syarif, dan Kusdyah, Ike. (2019). Taud Tabungan Akhirat Perspektif Kutab Rumah Qur’an. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ash- Shidieqy, Teungku Muhammad Hasbi. (2010). Ilmi-ilmu Al-Qur’an (‘Ulum Al-Qur’an). Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Crisnawati, Inka. (2015). Peranan dan Upaya Guru untuk Meningkatkan Motifasi Tahfiz Al-Qur’an Kelas V di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Kependidikan Islam Jurusan Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri (UIN) Sunan Kalijaga.

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar pendidikan Era Globalisasi. Tangerang: An1mage Studio.

Djalaludin. (2012). Cepat Membaca Al-Qur’an dengan Metode Tunjuk Silang. Jakarta: Kalam Mulia.

Faturrohman, M. Mas’udi. (2012). Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an dalam 1 Tahun. Yogyakarta: Elmatera.

Maya, Rahendra. (2013). “ Esensi Guru dalam Visi –Misi Pendidikan Karakter”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 02(03).

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman dan Asrori. (2020). Classroom Action Research. Purwokerto: CV. Pena Persada.

Safitri, Dewi. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaca Agus. (2017). The 9 Golden Habbits for Brighter Muslim. Yogyakarta: PT Betang Pustaka.

Suteja, Jaja. (2013). Etika Profesi keguruan. Yogyakarta: Deepublish.

Thohar, Muhammad Shohib. (2014). Al-Qur’an dan Terjemahanya. Jakarta: Alfatih.

Tim Penyusun Dar Ar-Rasa’il. (2018). Yakinlah Menghafal Al-Qur’an itu Mudah. Jakarta: Dar ar-Rasa’il Digital Publishing.

Wajdi, Farid. (2015). “Tahfiz Al-Qur’an dalam Kajian ‘Ulum Al-Qur’an Studi atas Berbagai Metode Tahfiz”. Thesis. Program Paasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

WS, Indrawan. (2009). Kamus lengkap Bahasa Indonesia. Jombang: Lintas Media.

Yusuf, A. muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Yusuf, Kadar M.. (2012). Studi Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ar Ridlo, F. S., Maya, R., & Ginanjar, M. H. (2025). UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TINGKAT SMA. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 5(01), 25–38. https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8816

Citation Check