PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUL HARAMAIN BOGOR

Authors

  • Anshorullah Anshorullah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Arief Rachman Badrudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahman Rahman STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8814

Keywords:

Pengelolaan Program Tahfizh, Al-Quran, Karakter Islami

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengelolaan program tahfizh Al-Qur’an dalamipembentukan karakter islami di Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain Bogor. pengeloaan program tahfizh Al-Quran yang baik sangat dibutuhkan dalam pendidikan pembentukan karakter slami seperti perencanaan, harus betul-betul matang pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan evaluasi, dengan tujuan agar program menghasilkan siswa yang berkualitas dan beradab slami. Jika pengelolaan tidak baik maka tidak menghasilkan siswa yang berkualitas, karna pengelolaan program yang baik tu dibutuhkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Lebih khusus dibidang tahfizh dan pembentukan karakter slami kepada santri pondok Pesantren Modern Nurul Haramain Bogor. Peneliti menggunakan metode yang digunakan adalah kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengelolaan program tahfizh Al-Qur’an dalam pembentukan karakter slami. Dan untuk pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: Untuk mengetahui pengelolaan program tahfizh Al-Qur’an dalam pembentukan karakter islami di Pondok Pesantren Modern Nurul Haramain Bogor. Hasil penelitian yang dapat diperoleh dari tiga informasi nti sebagai berikut: 1. Pengelolaan program tahfizh Al-Qur’an sudah cukup baik adapun pelaksanaanya meliputi a. perencanaan; b. pengorganisasian; c. pengarahan; d. pemantauan program tahfidz dan e. evaluasi.

References

Malayu S.P Hasibuan, (2016) Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara,

Mukhtarudin, M. (2021). Manajemen Program Takhossus Tahfiz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Syekh Muhammad Bin Shalih Al-Utsaimin Bangkinang Kampar. Tesis 28. http://repository.uin-suska.ac.id/57602/

Riduan, M., Maufur, M., & Abdurakhman, O. (2016). Manajemen Program Tahfizhl Alquran Pada Pondok Pesantren Modern Program Management Memorizing the Quran At Islamic Boarding School. Ivol 5 (1), hal 4.

Al-Mulham, Abdullah. (2013). Menjadi Hafidz Al-Qur’andengan Otak Kanan. Jakarta: Pustaka Ikadi.

Sumartini, T. S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan vol 5 (2) hal 1-7

Rachman, T. (2018). dasar - dasar manajemen. In Angewandte Chemie International Edition, Voli6(11) hal 951–952.

Dr. H. alam masnur, M. Pd. (2011). Model Pesantren Modern. Gaun persada (GP) Press.

Lexy J. Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatif). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusdin. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Banda Aceh: Ar-Rijal Institusi.

Rangkuti, Ahmad Nizar. (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cita pustaka Media.

Kementerian Agama RI, Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam, Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia 2012)

Rahman, M. A. (2020). Dasar - Dasar Manajemen. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. pustaka Almaidah.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Anshorullah, A., Badrudin, A. R., & Rahman, R. (2025). PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DI PONDOK PESANTREN MODERN NURUL HARAMAIN BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 5(01), 13–24. https://doi.org/10.30868/cendikia.v5i01.8814

Citation Check