UPAYA GURU AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SISWA KELAS V DI SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL KARAWANG TAHUN AJARAN 2021-2022

Authors

  • Zulpian Muslim STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Upaya, Hafalan, Al-quran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa tanggung jawab seorang guru terhadap muridnya dalam mengajarkan Al-quran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (3) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. (4) untuk mengetahui solusi terhadap faktor-faktor penghambat upaya guru Al-Quran dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan kualitatif. Hasil penelitiannya yaitu sebagai berikut: Pertama, Upaya Guru Al-Quran dalam meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa kelas V di SDIT Buahati karawang yaitu: (a) pemberiran motivasi; (b) pemberian tugas dan reward; (c) muraja’ah; (d) menggunakan metode bervariasi; Kedua, faktor pendukungnya adalah (a) faktor kesehatan; (b) faktor psikologi; (c) faktor kecerdasan; (d) istiqomah; (e) target hafalan. Ketiga, faktor penghambatnya adalah (a) siswa belum mampu membaca Al-Quran; (b) kesehatan guru; (c) kurang motivasi dalam menghafal. (d) rasa malas. (e) perbedaan kecerdasan antara siswa. (f) alokasi waktu. Keempat, solusi terhadap faktor penghambat adalah (a) membuat absensi, buku rapot harian dan semesteran; (b) setoran dirumah guru Al-Quran; (c) guru Al-Quran memberikan tips agar mudah menghafal.

References

Andrian Sakban. “Peiranan muidarris (guirui) Al-Quir’an dalam meiningkatkan motivasi santri”. Instituit Agama Islam Neigeiri Palopo, 2019

Andi Prastowo. Meimahami Meitodei-Meitodei Peineilitian: Suiatui Tinjauian Teioritis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruiz Meidia, 2016

A Ruisdiana & Yeiti Heiryati. Peindidikan Profeisi Keiguiruian: Meinjadi Guirui Inspiratif dan Inovatif. Banduing: CV Puistaka Seitia, 2015

Andi Prastowo. Meimahami Meitodei-Meitodei Peineilitian: Suiatui Tinjauian Teioritis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruiz Meidia, 2016

Abduillah M. Ahmad. Meitodei Ceipat Dan Eifeiktif Meinghafal Al-Quir’an. Jogjakarta: Garailmui, 2017

Anggi Dwi Sapuitra. Kompeiteinsi Guirui Dalam Peirspeiktif Al-Quir’an. Uiniveirsitas Islam Neigeiri (Teila’ah Suirat An-Najm Ayat5-10), 2017

Bahiruil Amali Heirry. Agar Orang sibuik Bisa Meinghafal Al-Quir’an. Yogyakarta: Pro-Ui Meidia, 2012.

Chaeiruil Rochman & Heiri Guinawan. Peingeimbangan Kompeiteinsi Keipribadian Guirui: Meinjadi Guirui yang Dicintai dan Diteiladani oleih Siswa. Banduing: Nuiansa Ceindeikia, 2012.

Chuisniatuin, Nuiruil Latifatuil Inayati, dan Maria Uilfa. Peindidikan Al-Quir’an dan Peindidikan Al-Hadist: Teirampil Meindeisain Peimbeilajaran dan Peingajarannya. Suirakarta: Muihammadiyah Uiniveirsity Preiss, 2018.

Daryanto. Standar Kompeiteinsi dan Peinilaian Kineirja Guirui Profeisional. Yogyakarta: Gava Meidia, 2013.

Diana Auilia Nuirma Feibriana. “Upaya Meingatasi Probleim Hafalan dalam Proseis Peimbeilajaran Al-Quir’an Haditsdi MTs Neigeiri Kuinir Kabuipatein Blitar”. Uiniveirsitas Islam Neigeiri satui Tuiluingaguing, 2012

Einy Yuilianti. “Uipaya Guirui dalam Meiningkatkan Preistasi Beilajar Meimbaca Al-Quir’an meilaluii Meitodei Uimmi bagi Siswa SMPIT Muitiara Hikmah Beikasi 2015 Keilas VIII.” Uiniveirsitas Muihammadiyah Jakarta, 2017

Ibrahim. Meitodologi Peineilitian Kuialitatif: Panduian Peineilitian Beiseirta Contoh Proposal Kuialitatif. Banduing: Alfabeita, 2015

Irawati Istadi. Faktor-faktor Yang Meimpeingaruihi Keisuikseisan Beilajar Meingajar Ibrahim. Meitodologi Peineilitian Kuialitatif: Panduian Peineilitian Beiseirta Contoh Proposal Kuialitatif. Banduing: Alfabeita, 2015.

Jamilatuil Janah. “Meingeinai peiranan guirui Al-Quir’an dalam meiningkatkan hafalan Al-Quir’an siswa”. Instituit Agama Islam Neigeiri Suirakarta, 2020

Leixy J Moleiong. Meitodologi Peineilitian Kuialitatif. Banduing: Rosdakarya, 2017

Majdi Uibaid. 9 Langkah Muidah Meinghafal Al-Quir’an. Solo: Aqwam, 2014

Masaguis H A. Fauizan Yayan. Quiantuim Tahfidz: Meitodei Ceipat dan Muidah Meinghafal Al-Quir’an. Jakarta: Eirlangga, 2015

Muidlofir, Ali. Peindidik Profeisional: Konseip, Strateigi dan Aplikasinya dalam Peiningkatan Muitui Peindidik di Indoneisia. Jakarta: Rajawali Peirs, 2012

Nuiruil Mahfuidzoh, “Uipaya Guirui Al-Quir’an Hadits dalam Meinarik Minat Hafalan

Al-Quir’an Siswa di MTs Suinan Pandanaran”. Yogyakarta, Skripsi tidak

diteirbitkan, 2012

Suibagyo Joko. Meitodei Peineilitian Dalam Teiori Dan Prakteik, Jakarta: PT Rineika Cipta, 2018.

Published

2024-07-01

How to Cite

Muslim, Z., Priyatna, M., & Maulida, A. (2024). UPAYA GURU AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QURAN SISWA KELAS V DI SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL KARAWANG TAHUN AJARAN 2021-2022. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 147–158. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7128

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>