Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas XI di SMA II Mahmudiyyah Cicurug Sukabumi
Keywords:
Upaya, Guru PAI dan Budi Pekerti, SiswaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang sering terjadi dalam upaya Guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas XI. Tujua dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan upaya Guru PAI dan Budi Pekerti. (2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung upaya Guru PAI.(3) Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat upaya Guru PAI. (4) Mendeskripsikan solusi faktor-faktor penghambat upaya Guru PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru PAI dan Budi Pekerti. Adapun hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (a), upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yaitu dengan melakukan sholat dhuha, membaca dzikir pagi sebelum memulai pembelajaran, dan membaca 10 ayat pertama surah Al-Kahfi. (b), faktor pendukungnya adalah lingkungan sekolah yang luas dan nyaman, peraturan sekolah yang mendukung, dan adanya kerjasama yang baik antara guru dan tenaga kependidikan. (c), faktor penghambatnya adalah media elektronik, dan siswa sering terlambat datang ke sekolah. (d) solusi dari faktor penghambat adalah selalu membina dan memotivasi siswa untuk selalu berhati-hati dalam penggunaan alat-alat elektronik, dan memberikan arahan kepada siswa untuk datang ke sekolah lebih pagi.
References
Budi Heriyanto, Agus Sarifuddin, Herman, Ali Maulida, Abdul Jabar. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03) 820.
Fatmawati. (2015). Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas XII di SMA Gemilang Yasifa Citaringgul Bogor. 1–79.
Haris, M. (2015). Pendidikan Islam menurut Perspektif Prof. H. M. Arifin. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 1–19.
Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01): 89.
Hidayat. (2018). Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Membentuk dan Meningkatkan Kepribadian Peserta Didik di SMK Al-Bana Cilebut Bogor. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1B), 157.
Jamaludin. (2018). Upaya Guru PAI dalam Mendidik Tauhid (Studi di SDIT Al Hidayah Cibinong Kabupaten Bogor Kelas II-VI Tahun 2017/2018). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 14–29.
Lubis, R. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, I(1), 1–18.
Maulida, A., Priyatna, M., & Wahidin, U. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan … Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan …. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 453–468.
Muzahidin. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasan Tsanawiyah Al Badar Kasongan. Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.
Oktapiani, M. (2020). Kecerdasan Spiritual dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108.
Widianti, R. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membimbing Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII MTs Pancasila Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri.
Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Pert). CV. Jejak.
Annas, A. N. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 132–142
Egok. (2019). Profesi Kependidikan (Edisi Pert). CV. Nusantara.
Elfiky, I. (2019). Metode Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual (Edisi Pert). Dilarzia.
Fitria. (2020). Konsep Kecerdasan Spiritual dan Emosional dalam Membentuk Budi Pekerti (Akhlak) (Edisi Pert). Guepedia.
Harahap, T. K. (2021). Landasan Pendidikan (M. Hasan (Ed.); Pertama). Tahta Media Grup.
Izzan. (2012). Membangun Guru berkarakter (Pertama). Humaniora.
Jamhari, A. S. dan S. (2012). Kedahsyatan Membaca Al-Qur’an - Google Books. Kawah Media.
Azis, R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (Baharuddin (Ed.); Kedua). Sibuku.
Maros. (2016). Penelitian Lapangan (Field Research) pada Metode Kulitatif. https://scholar.google.com.
Panggabean, S. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran (R. Watrianthos (Ed.); Pertama). Yayasan Kita Menulis.