StrategiiKepala Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islamiidalam Mencetak Generasi Yang Unggul dan Berprestasi

Authors

  • Muhammad Firdaus RA STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v3i02.4740

Keywords:

Strategi, Kepala Madrasah, Generasi Unggul dan Berprestasi

Abstract

Kepalanmadrasah sebagainpemimpin sebuah lembaga pendidikan adalah seseorang yang memiliki pengaruh sangat besaroserta memiliki fungsi dan peran yang sangat sakral dalam menentukan maju atau mundurnya lembaga pendidikan. Generasi yang unggul dan berprestasi tidak akan terbentuk dengan asumsi bahwa bagian pendidikan yang meliputi pembentukan, tujuan, program pendidikan, keterampilan dan keterampilan yang luar biasa dari instruktur, lembaga pembelajaran dan yayasan, penilaian dan komponen lainnya diawasi tanpa persiapan yang matang. Penelitian ini dilakukan di MTs Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor dengan menggunakantmetode penelitianpkualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kepala Madrasah memiliki langkah dan strategi dalam mensukseskan visi dan misi yang diantaranya adalah mencetak generasi yang unggul dan berprestasi; (2) Kepala madrasah memiliki peran penting dalampmencetak generasi yang unggul dan berprestasi; (3) Terdapat faktor pendukung dalampmencetak generasi yang unggul dan berprestasi; (4) Terdapat faktor penghambat dalamlmencetak generasi yang unggul dan berprestasi; dan (5) generasi yang unggul dan berprestasi di MTs Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Kabupaten Bogor

References

Aditmara, D., Sarifudin, S., & Kohar, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kualitas Mengajar Guru Di Mas Al-Hanif Cikondang Kabupaten Cianjur Tahun Ajaran 2020/2021. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 399–412.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cv Jejak (Jejak Publisher), Kabupaten Sukabumi.

Asmiyati, A. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriliyo I Wukirsari Imogiri Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1): 41–54.

Basri, H., & Tatang, S. (2015). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Https://Scholar.Google.Com/Scholar?Hl=Id&As_Sdt=0%2c5&Scioq=Https%3a%2f%2fejournal.Unisba.Ac.Id%2findex.Php%2ftadib%2farticle%2fviewfile%2f1978%2f1335&Q=Hasan+Basri+Dan+Tatang+Kepemimpinan+Pendidikan&Btng=

Dkk, H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:Cv. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Dr. H. Salim, M. P. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, Dan Jenis. Kencana.

Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 53–64.

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77.

Hamdani, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. Hamiyah, Nur Dan Muhammad Jauhar. Https://Scholar.Google.Com/Scholar?Hl=Id&As_Sdt=0%2c5&Q=Hamdani+Strategi+Belajar+Mengajar&Oq=Hamdani+Strategi+

Hasan, M. N. (2015). Upaya Menjadikan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Unggul. Wahana Akademika, 2(2).

Ismail, S. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga.

Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Kiromi, I. H. (2020). Peranan Masyarakat Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Mencetak Generasi Unggul Di Dusun Penangan Desa Sokaan. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(2): 155–168.

Mu’arifah, A. (2021). Kompetensi Entrepreneur Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Madrasah Unggul Di Man 2 Magetan. Iain Ponorogo. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/13867/

Nata, D. R. H. A. (2014). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana. Https://Scholar.Google.Com/Scholar?Hl=Id&As_Sdt=0%2c5&Q=Abuddin+Nata.+%282014%29.+Perspektif+Islam+Tentang+Strategi+Pembelajaran.+Jakarta%3akencana+Prenada+Media+Group.H.206&Btng=

Nurochmah, A., Sutisnawati, A., & Wardana, A. E. (2019). Pengelolaan Satuan Pendidikan Dalam Rangka Mencetak Insan Generasi Muda Yang Unggul Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 3(2): 73–80.

Santoso, F. G. I. (2015). Pengaruh Gender Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Smp Kelas Viii Dalam Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Widya Warta, 2(39).

Sarifudin, S. (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Kota Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01), 49–70.

Sholekhah, A. (2017). Faktor-Faktor Pendukung Siswa Berprestasi Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Model Palembang. Uin Raden Fatah Palembang.

Sumantri, H. E., Darmawan, C., Ip, S., & Saefulloh, S. P. (2014). Generasi Dan Generasi Muda. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka. Http://Repository.Ut.Ac.Id/3897/1/Pkni4312-M1.Pdf

Tarigan, L. L. B. (2019). Motivasi Berprestasirdan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswalpsikologi. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

RA, M. F., Sarifudin, S., & Kohar, A. (2023). StrategiiKepala Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islamiidalam Mencetak Generasi Yang Unggul dan Berprestasi. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(02). https://doi.org/10.30868/cendikia.v3i02.4740

Citation Check