Strategi Kepala Program Dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa Kelas XI OTKP 1-2 dengan Model Discovery Learning di SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan yang sering ditemui dihampir seluruh siswa di sekolah, terkhusus di lokasi penelitian yaitu kurangnya kemampuan komunikasi atau public speaking siswa yang merupakan modal terbesar mereka dalam memasuki dunia kerja atau memasuki jenjang yang lebih atas (perkuliahan). Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang dengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik dengan eksplorasi, tanya jawab, dan dokumentasi. Sedangkan hasil penemuan dari penelitian ini adalah (1) strategi kepala program OTKP dalam meningkatkan kemampuan public speaking dengan model discovery learning di kelas XI OTKP 1-2 dengan cara: (a) menanamkan pikiran positif; (b) mengulas pelajaran; (2) penerapan public speaking dengan model discovery learning; (3) kemampuan public speaking siswa kelas XI OTKP 1-2; (4) faktor penunjang: (a) adanya alat bantu; (b) tersedianya koleksi buku di perpustakaan; (5) faktor penghambat: (a) kurang percaya diri; (b) sulit mengembangkan materi; (6) solusi faktor penghambat: (a) banyak latihan; (b) banyak mecari referensi.
References
Affandi, N. (2019). "Efektifitas.. Public Speaking Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum. Skripsi".
Anggito, & Setiawan. (2018). "Metode Penelitian Kualitatif". CV. Jejak.
Creswell. (2012). "RESEARCH DESIGN. Pendekatan Kualiitatif, Kuantitatif dan Miixed". Pustaka Pelajar.
Eka Novia. (2018). "Modul Pembelajaran Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran".
Firmansyah, I. R. (2020). ".Efektivitas Pelayanan Kunjungann Berbasis Online.". Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7, 1.
Hamalik. (2011). ".Proses Belajar Mengajar. Bumii Aksara.".
Hanafiah, N. (2012). ".Konsep strateegi pembelajaran.". Rafika Aditama.
Istarani. (2012). ".Model Pembelajarann Inovatif". Media Persada.
Jihad, & Harris. (2012). "Evaluasii Pembelajaran.". Multi Presindo.
Karim, S. (2017). "Pembelajaran Abad 2"1. Gava Media.
Kristin. (2016). "Analisiss Model. Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD". Pendiidikan Dasar Perkasa, 2.
Murniyati. (2019). "Strategii kepala sekolah untuk meningkatkan kedisplinan siswa. di SMP Negeri 30 Muaro Jambi". Skripsii, 25–26.
Ongky, H. (2018). "Public Speaking Mastery". PT. Gramedia Pustaka.
Ongky Hojanto. (2013). "Public speaking mastery". Gramedia.
Rahmat, P. S. (2019). ".Strategi belajar mengajar.". Scopindo Media Pustaka.
Saputra, N. (2019). "peran kepala sekolah dalam peningkatan disiplin dan kompetensi guru SMP Negeri 1 Curup". Skripsi.
Saroni, M. (2017). "Analisis & strategi meningkatkan daya saing sekolah". Ar-Ruzz Media.
Shoimin. (2014). "Model Pembelajaran. Inovatiif dalam Kurikulum 2013". Ar-Ruzz Media.
SMKN 9 Kab. Tangerang. (2021). Kurikulum SMK Negeri 9 Kabupaten Tangerang.
Sugiyono. (2012). ".Metode penelitiian kuantitatif, kualitati, dan R and D". Alfabeta.
Sugiyono. (2013). "Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta".
Suyitno. (2020). "Pendidikan Vokasi Kejuruan Srategi dan Revitalisasi Abad 21".
Syah. (2017). "Psikologii Pendidikan Dengan Pendekataan Baru. PT Remaja Rosdakarya".
Tarjo. (2019). "Metode Penelitian 3X Baca. Deepublish".
Tri Atmadji. (2013). ".Manajemen strategik pendidikan kejuruan dalam menghadapii persaingan mutu. jurnal teknologi dan kejuruan.", 36 Nomor 1, 87. www.journal.um.ac.id
Triwiyanto. (2015). ".Manajemen Kuriikulum dan Pembelajaran.". PT Bumi Aksara.
Wulur Meisil. (2018). "Makalah Class Public Speaking".