IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR DI MTsS TERPADU YAPISA MEGAMENDUNG BOGOR

Authors

  • M Abdul Muiz Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Peserta didik merupakan orang atau anak didik yang sedang menuntut ilmu pengetahuan yang berusaha untuk mengembangkan diri dalam sebuah jenjang pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif lapangan yang bertempat di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi manajemen peserta didik secara umum di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Bagaimana kondisi akhlak dan prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan akhlak dan prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Apa saja faktor penghambat dalam meningkatkan akhlak prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor? Bagaimana solusi mengatasi faktor penghambat manajemen peserta didik dalam meningkatkan akhlak dan prestasi belajar di MTsS Terpadu Yapisa Megamendung Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen peserta didik sudah cukup baik. Karena pelaksanaa manajemen di MTsS Terpadu Yapisa ini sesuai apa yang direncanakan. Tentunya akhlak peserta didik secara umum sangat baik dalam kesahariannya begitupun dalam prestasinya selalu meraih prestasi akademik maupun non akademik. Adanya perhatian dari guru. Kurangnya bimbingan guru terhadap siswa. Adanya fasilitas belajar yang memadai.

References

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Amin, S., & Wekke, I. S. (2021). Strategi Penerapan Akhlak Islami “Sadar Sampah†Di Sekolah Islam Terpadu. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=c0ZFEAAAQBAJ

Asti Faticha Nurjanah, Nur Karimah, A. W. (2019). Manajemen Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakart. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol, 9 No.

Muh. Hambali, M. A., & Mu’alimin, M. P. I. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. IRCiSoD. https://books.google.co.id/books?id=BarvDwAAQBAJ

Dr. Rukin, S. P. M. S. (n.d.). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=GyWyDwAAQBAJ

Dr. Shilphy A. Octavia, M. P. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=K5w9EAAAQBAJ

El-Qutuby, U. (2021). Al Qur’an Hafalan Mudah Al Hufaz (A. S. Iwan Setiawan (ed.)). Cordoba.

Faatihatul Ghaybiyyah, S. P. M. P., Tasdin Tahrim, S. P. M. P., Suparjo Adi Suwarno, S. P. I. M. P., Rizqa Octarina, M. P., Syofrianisda, S. T. I. M. A., Rafiqa Noviyani, M. P., & Indonesia, M. S. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=2rc8EAAAQBAJ

H. Hasbiyallah, N. S. (2019). Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Pengelolaan Pendidikan Islam Teori dan Praktik

H.E. Bahruddin dan Asep Saepul H. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Aplikasi Dalam Pendidikan). Uika Press.

Iwan Aprianto, S. P. I. M. P., Muhammad Roihan Alhaddad, M. P. I., Hairul Fauzi, S. P. I. M. P., Maisarah Gusvita, S. P. I. M. P., Sahroni, M. P. I., Fitri Nasution, S. P. I. M. P. I., Ahmad Sopian, S. P. I. M. S. I., & Zulqarnain, S. A. M. H. (2020). MANAJEMEN PESERTA DIDIK. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=3Pv3DwAAQBAJ

Muin, A., & kunaifi, aang. (2017). MANAJEMEN PENDIDIKAN (Good Governance dalam Lembaga Pendidikan) Teori, Strategi, dan Riset Implementasi. Duta Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=TRD2DwAAQBAJ

Sani, R. A., & Kadri, M. (n.d.). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Vq%5C_xDwAAQBAJ

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Muiz, M. A., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR DI MTsS TERPADU YAPISA MEGAMENDUNG BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(01), 99–112. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4146

Citation Check