GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA GURU DI SMPIT IBNU ABBAS KLATEN

Authors

  • Muh Hotami Sekolah Tingi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar Sekolah Tingi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah Sekolah Tingi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Gaya kepeimpinan kepala sekolah menjadi salah satu faktor keberhasilan sekolah, Lembaga Pendidikan membutuhkan kepala sekolah yang mampu memimpin dan mengelola sekolah dengan profesional program pendidikan yang diselenggarakan oleh SMPIT Ibnu Abbas adalah Pendidikan qur’any secara komperhensif membangun karakter islami yang mengedepankan akhlak qur’any menyelenggarakan pembelajaran sains dan teknologi, berbasis al-qur’an, Tujuannya untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kerja guru di SMPIT Ibnu Abbas Klaten, 1 Gaya kepemimpinan di SMPIT Ibnu Abbas Klaten menggunakan model kepemimpinan demokratis-partisipatif dan model kepemimpinan birokratis 2. Kualitas kerja guru sudah dikatakan maksimal, terlebih ketika awal perekrutan. 3. Faktor pendukung gaya kepemimpinan, peran aktif siswa, guru karyawan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan semaksimal 4. Faktor penghambat, dari internal ada beberapa tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum menerapkan disiplin secara baik, kedua adalah kurang cepat dalam merespon sebuah intruksi dalam pelaksanaan tugas 5. Solusi menggabungkan permasalahan yang dihadapi, mengadakan pembinaan rutin, berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Yayasan.

References

Anwar, K. (2015). Jaminan mutu dan upaya pengembangan profesionalitas guru pada abad pengetahuan. Nur El-Islam, 2(2), 88–105.

DAYANA, D. (2018). Model kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang.

Dewi, N. (2017). Meningkatkan Kualitas Guru untuk Pendidikan yang lebih baik. Pendidikan Universitas Ganesha,(March), 11.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.

Fitry, S. A. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Islami di Sekolah Menengah Pertama. Ta’dib, 11(2), 1–4.

Ginanjar, M. H., & . W. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 2. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.213

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.

Hardian, F. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan (studi pada karyawan tetap service center panasonic surabaya). Brawijaya University.

indriana Somantri, F., & Endaryono, B. T. (2021). Implementasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(2), 120–127.

Kamaludin, Yusup, D., Sobana, H., & Mayaningsih, D. (2019). Kontribusi penelitian Dosen dan Skripsi Mahasiswa terhadap Masyarakat dan Lembaga (p. 3). FSH UIN SGD Bandung.

Ma’sum, T. (2019). Persinggungan kepemimpinan transformational dengan kepemimpinan visioner dan situasional. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 84–106.

Mattayang, B. (2019). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Teoritis. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 2(2), 45–52.

Mukhtar, A., & UA, A. N. A. (2020). Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. BalancA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43.

Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(1), 290–297.

Nujuludin, H. D. (2017). Agama membentuk kepribadian dan gaya kepemimpinan pendidikan. Jurnal Pendidikan UNIGA, 7(1), 1–7.

Nursyam, N. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja Pendidik. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 27–38.

Sari, D. P. (2013). Kontribusi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Mutu Pendidikan di Gugus Rama 2 UPT DISDIKPORA Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Jurnal JMP, 2(1).

Sholihah, M., & Muslih, M. (2019). Gaya Kepemimpinan Karismatik KH. Muhammad Dawam Saleh Dalam Manajemen Pondok Pesantren Al-Islah Sendangagung Paciran Lamongan. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 74–86.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.

Syahputra, M. R., & Darmansah, T. (2020). Fungsi Kaderisasi Dalam Meningkatan Kualitas Kepemimpinan. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(3), 20–28.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Hotami, M., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2023). GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA GURU DI SMPIT IBNU ABBAS KLATEN. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(01), 67–82. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4144

Citation Check