KONSEP DAKWAH MEDIA SOSIAL DALAM Al QUR’AN (Studi Tafsir Surat An Nahl: 125)
Abstract
Kemunculan media sosial sangat mempengaruhi karakter kehidupan masyarakat, media sosial juga sangat membantu dalam menyampaikan pesan dakwah, dakwah di media sosial juga dapat memicu keresahan bagi pengguannaya karena caranya yang tidak tepat, dari sini perlu adanya solusi atas peroblematika dakwah media sosial. penelitian ini berupaya memberikan solusi dengan konsep baru yang ditemukan berdasarkan kaidah Al-Qur’an surat An-Nahl: 125. Penelitian ini menggunakan jenis qualitative research. Sumber data primer yang digunakan adalah buku-buku dan jurnal yang berhubungan dengan tema dakwah, sumber data skunder yang digunakan adalah buku-buku, kitab-kitab tafsir, jurnal dan skripsi. Metode penafsiran yang digunakan untuk menganalisis ayat adalah dengan tafsir maudhu’i/tematik. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah menggambarkan secara umum mengenai konsep dakwah media sosial yang terkandung dalam Al-Qur’an surat an-Nahl ayat 125 yaitu a) tujuan dakwah karena Allah, b) dengan cara yang bijak, c) komunikasi yang baik, d) respon yang baik, dan e) tidak memaksakan kehendak.
Full Text:
PDFReferences
Al-Khazin, A. A. (2004). Lubabu at Ta'wil fi Ma'ani at Tanzil. (A. S. Syahin, Penyunt.) Libanon, Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.
AL-Zuhaili, D. W. (1996). At-Tafsir Al-Wajiz ala Hamisy Al-Qur'an Al-Adzim wa Ma'ahu Asbabu An-Nuzul Wa Qawaidu At-Tartil. Damaskus: Darul Fikr.
Bachtiar, W. (1984). Metodologi Penelitian Dakwah. Jakarta: Logos.
Hamka, B. (2018). Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam. Jakarta: Gema Insani.
Ulama, K. P. (2009). Al-Tafsir Al-Muyassar. Al-Madinah Al-Munawwarah: Al-Mushhaf Al-Syarif.
Zaidan, A. K. (1975). Ushulu ad Dakwah. Beirut: Resalah Publisher.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hasan Basri, Syaeful Rokim, Aceng Zakaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.