ADAB PENDIDIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-KAHFI AYAT 60-82 (Studi Tafsir Tematik)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adab seorang pendidik sebagaimana yang terkandung dalam surat Al-Kahfi ayat 60-82. Metode penelitian ini adalah tematik. Berdasarkan hasil analisa yang penulis lakukan terhadap tafsir surat Al-Kahfi ayat 60-82, dapat simpulkan bahwa di dalam kisah tersebut terdapat dua sosok guru, yaitu Nabi Musa yang merupakan guru dari Yūsha' bin Nūn, dan Khidir yang merupakan guru dari Nabi Musa. Dari kedua guru tersebut, penulis dapat simpulkan beberapa adab guru yang terkandung di dalamnya, yaitu adab Nabi Musa sebagai guru kepada Yūsha' bin Nūn adalah memaafkan kesalahan murid serta menerima alasan dan permintaan maaf murid. Adab Khidir sebagai guru kepada Nabi Musa yaitu: Rendah hati dan mengembalikan ilmu kepada Allah, menjumpai murid dengan persiapan yang maksimal, memaafkan kesalahan murid, tidak mengajarkan ilmu yang belum saatnya dipelajari murid, berusaha mengetahui karakter calon murid, tidak menolak murid yang bertekad ingin belajar, memberikan penjelasan tentang ilmu yang akan diajarkan, bersabar terhadap perkataan murid yang menyakitkan. Sumber data primer yang dipakai dalam penelitian ini adalah: Tafsīr Al-Qurṭubī karya Abū ‘Abdullāh Al-Qurṭubī, Tafsir fi Dzilalil Al-Qur'an Karya Sayyid Qutb, Tafsir Al-Azhar karya Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA), dan Tafsir Jami’ Al-Bayan fi Ta’wil Al-Qur’an karya Muhammad bin Jarir ath-Thabari.
Full Text:
PDFReferences
Akmansyah, M. (2015). Eksistensi Guru (Mursyid) Dalam Pendidikan Spiritual Persfektif Abu Hamid Al-Ghazali. Jurnal Pendidkan Islam. Vol. 6.
Mustofa. (2017). Adab dan Kompetensi Dai dalam berdakwah. Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol. 8 No 1.
Fauzan, Imam Mustofa dan Masruchin. (2019) Metode Tafsir Mauḍu’ī (Tematik): Kajian Ayat Ekologi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Husaini, Adian. Makna Adab dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dibuna. Vol. 1 No 1, (2012).
Machum, Thoha. Pendidikan Adab Kunci sukses Pendidikan’. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. Vol. 6. No. 2. (2016).
Marzuki. (2009). Pembinaan Akhlak Mulia Dalam Berhubungan Antar Sesama Manusia Dalam Perspektif Islam. Jurnal Humanika, 9(1).
Ajahari. (2018). Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Akhmad, Alim. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: Imprint Al-Mawardi Prima.
Al-Albanī, Nāsir Al-Dīn. (2002). Silsilah Hadīth Sahīhah. Riyad: Maktabah Ma’ārif Li al-Nashr Wa al-Tauzī.
Andriawan, Didik. (2020). Guru Ideal Dalam Perspektif Al-Qur’an. Yogyakarta: Mirra Buana Media.
Ardiansyah, Muhammad. (2020). Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Aplikasinya di Perguruan Tinggi. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa Depok.
Attas, Syed Muhammad Al-Naquib. (1996). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Terj. Haidar Bagir. Bandung: Mizan.
Al-Ausyan, Majid Saud. (2019). Adab dan Akhlak Islami. Jakarta: Darul Haq.
Bukhari, Umar. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Departemen Agama RI. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Al-Habsyi, Husin. Tt. Kamus Al Kautsar. Surabaya. Penerbit Assegraff.
Hamka. (1992). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: PT Pustaka Panjimas
Hidayat, Rahmat. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.
Ibnu Majah, Abū Abdilllāh Muhammad bin Yazīd. Sunan Ibnu Majah. Dar Ihya al-Kitab Al-Arabiyyah dari Maktabah Syamilah.
Ishaq, Abdullāh bin Muhammad bin Abdurrahmān bin. (2004). Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Katsir, Ibnu. (2016). Kisah Para Nabi. Jakarta: Qisthi Press.
Ma’ruf, Louis. (1986). al-Munjid fi al-Lughah wal-A'lam, Beirut: Dar al-Masyriq.
Mandzur, Ibn. Tt. Lisan al-Arab, Jilid III.
Al-Marāghī, Ahmad Mustafā. (1986). Tafsir Al-Maraghi. Semarang: Toha Putra.
Mestika, Zed. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Mudzakkir. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PKP12 Universitas Wahid Hasyim
Nafis, Muhammad Muntahibun. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Teras
Al-Qurṭubī. (2007). Al-Jāmi li Ahkām Al-Qur’ān (Tafsir Al-Qurṭubī). Terj. Fathurrahman dan Ahmad Hotib. Jakarta. Pustaka Azzam.
Qutb, Sayyid. (2006). Tafsir Fi Zilalil Qur'an, Terj. As’ad Yasin, Abdul Aziz
Al-Bukhārī, Abū Abdillāh Muhammad bin Ismaīl. Shahih Bukhari. Damaskus: Dar Tuq An-Najah dari Maktabah Syamilah.
Ramayulis dan Samsul Nizar. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta. Kalam Mulia.
Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia
Rusydi, Ananda. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Pendidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Rokim,Syaeful. (2014). Karakteristik Pendidikan Islam. Bogor: Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 03, Juli 2014 STAIA Bogor. hlm. 665.
Al-Sa’dī, Abdurrahmān bin Nāsir. (2002). Taisīr Al-Karīm Al-Rahman Fī Tafsīr Kalām Al-Mannān. Juz 1. Riyād: Dār Al-Salām.
Sihabudin Afroni, Rumba Triana. (2018). Komunikasi Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an. Bogor: Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL : 07 NO : 02 STAIA Bogor. hlm: 160.
Al-Sheikh, Abdullah bin Muhammad. (2008). Lubābut Tafsir Min Ibni Katsir (Tafsir Ibnu Katsir). Terj. M. Abdul Ghoffar, Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.
Shihab, Quraish. (2011). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Siddik, Dja’far. (2011). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Medan: Cita Pustaka Media.
Sikdiknas, Undang-undang. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Surahman, Cucu. (2019). Tafsir Tarbawi di Indonesia. Margomulyo: Maghza Pustaka.
Tahir, Gustian. (2015). Sinergitas Ilmu dan Adab dalam Perspektif Islam. Jurnal Adabiyah. Vol. XV No 1.
Thabari, Muhammad bin Jarir. (2007). Tafsir At-thabari. Jakarta: Pustaka Azzam.
Thaib, Erwin Jusuf. (2011). Konsepsi Dakwah Islamiyah Dalam Konteks Konservasi Alam Dan Lingkungan. Jurnal Al-Ulum. Vol. 11, No. 1.
Yahya, M. Daud. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Banjarmasin: Antasari Press.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Riri Rafiani Fitri, Syaeful Rokim, Rumba Triana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.