Strategi Guru Al-Qur'an Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Tingkat SD

Authors

  • Dendi Iskandar Suhendri STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

strategi, metode tilawati, al-qur'an, kemampuan baca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru Al-Qur'an Metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas IV di SD Bina Insani Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif-interpresif. Adapun hasil dari penelitian ini (1) bahwa SD Bina Insani telah melahirkan sejumlah siswa yang mampu membaca Al-Qur'an dengan tartil, baik, dan benar; (2) banyak faktor yang mendukung peningkatan kemampuan siswa baik dari media pembelajaran maupun dari strategi guru itu sendiri; (3) kemudian dari proses strategi guru Al-Qur'an Metode Tilawati terdapat hambatan yang didapati dari sisi guru maupun siswa; (4) pihak SD Bina Insani tidak menutupi kemungkinan untuk berjalanannya proses pembelajaran Al-Qur'an Metode Tilawati untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama terhadap pihak orangtua atau wali murid

References

Banany Shoffan, Maya Rahendra, dan Maulida Ali. (2019). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII-3 di MTS Darul Ihya Ciomas Bogor Tahun Ajaran 2019/2020." Prosiding Al hidayah Pendidikan Agama Islam, 3 (01).

Jamjami, Maya Rahendra, dan Wahidin Unang. (2019). Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur'an Peserta Didik di SMPIT Baitul Ilmi Cianjur Tahun ajaran 2019/2020. Prosiding Al hidayah Pendidikan Islam, 03(01).

Maya, iRahendra. i(2012). iPemikiran iPendidikan iIslam iMajid iIrsan iAl-Kilani. iEdukasi iIslami: iJurnal iPendidikan iIslam i01(01)

Maya, iRahendra. i(2013). iEsensi iGuru idalam iVisi-Misi iPendidikan iKarakter. iEdukasi iIslami: iJurnal iPendidikan iAgama iIslam, i03(02). i

Prasetyo iHari, iMaya, iMaulida. i(2019). iUpaya iGuru iBaca iTulis iAl-Qur’an i(BTQ) idalam iMengatasi iKesulitan iBaca iTulis iAl-Qur’an iSiswa iKelas iVII iSMP iYapsa iGunung iPutri iKabupaten iBogor iTahun iAjaran i2019/2020. iProsiding iAl ihidayah iPendidikan iAgama iIslam, i3(01).

Sugeng, i(2019).Penerapan iMetode iTilawati idalam iPembelajaran iAl-Qur’an idi iTPQ iAl iIshlah iMajangtengah iDampit iMalang. iJurnal iTinta, i1(2).

Skripi

Armono, iAris i(2009). iStrategi iPembelajaran iGuru iSekolah iDasar iNegeri iPanjang iWetan i01 iPekalongan iUtara iTahun iAjaran i i2007. iSkripsi. iUniversitas iNegeri iSemarang.

Fhruddin, iLuthfi. i(2015). iMetode iTilawati iDalam i iMeningkatkan iKemampuan iMembaca iAl-Qur'anSantri iKelas i2 i(Di iMadrasah iDiniyah iUla iSalafiyah iMatholiul iHuda iGading i iMalang) iSkripsi. iJurusan iPendidikan iAgama iIslam iFakultas iTarbiyah iSekolah iTinggi iMalang. i

Buku

Iim iAbdurrohim iAcep. i.(2016). iPedoman iLengkap iIlmu iTajwid i.Bandung. iCV iDiponegoro.

Ahsin,Al-Hafidz. i(2000). iBimbingan iPraktis iMenghafal iAl-Qur'an. iJakarta: iBumi iAksara.

Badan iPenembangan idan i iPembinaan iBahasa iKementrian iPendidikan iDan iKebudayaan. i(2017). iKamus iBesar iBahasa iIndonesia. iJakarta: iBalai iPustaka.

Elizabeth. i(2013). iPerkembangan iAnak. iJakarta: iAirlangga

Hasan, iAbdurrohim. i(2020). iStrategi iPembelajaran iAlquran iMetode iTilawati. iSurabaya: iPesantren iNurul iFalah iPress.

Hidayat, iAdi. i(2018). iMuslim iZaman iNow i30 iHari iHafal iAl-Qur'an. iBekasi: iQuantum iAkhyar iInstitute.

Kusnadi i(2018).Metode iPembelajaran iKolaboratif. iKota iTasikmalaya. iEdu iPublisher.

Octavia, iShilpy iA.. i(2020). i iEtika iProfesi iGuru. iYogyakarta: iPenerbit iDeepublish.

Rachmawati, iRina. i(2020). iStrategi iPembelajaran. iJakarta: iMedia iPublisihing.

Ramayulis. i(2013). iProfesi idan iEtika iKeguruan. iJakarta: iKalam iMulia.

Sugiono. i(2012). iMetode iPenelitian iKuantitatif, iKualitatif, idan iR&D. iBandung: iAlfabet.

Arikunto, iSuharsimi. i(2010). iProsedur iPenelitian: iSuatu iPendekatan iPraktek. iJakarta: iPT iRineka iCipta. i

Syakir, iAhmad. i(2017). iMukhtashar iTafsir iIbnu iKatsir. iJakarta iTimur: iDarus iSunnah iPress.

Wardan, iKhusnul. i(2019). iGuru iSebagai iProfesi. iYogyakarta: iPenerbit iDeepublish.

Otto iD.I iMagarita. i(2021) iGuru iAdalah iMisi iHidup iIndramayu: iPenerbit iAdab

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Suhendri, D. I., Maya, R., & Maulida, A. (2022). Strategi Guru Al-Qur’an Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Tingkat SD. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 343–354. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2995

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>