Sifat Fi’liyah Allah dalam Al-Qur’an (Studi Atas Kitab Mafātiḥ Al-Ghaib Karya Fakhr Al-Dīn Al-Rāzi)
Abstract
Dalam memahami tauhid asmā wa ṣifāt, para mufassir dari berbagai kelompok berbeda dalam mendeskripsikannya. Dalam hal ini khususnya berbicara tentang sifat fi’liyah Allāh mufassir berbeda pendapat dan untuk dapat mengetahui lebih dalam apa dan bagaimana penafsiran para ulama terhadap ayat-ayat fi’liyyah Allāh, terutama dari pemahaman Fakhr Al-Dīn Al-Rāzi. Pada artikel ini penulis memfokuskan pada lafaz istawā, Al-maji, Al-kalām, irādah, dan Al-rizq. Adapun hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa Fakhr Fakhr Al-Dīn Al-Rāzi cenderung menggunakan takwil dalam memahami ayat-ayat sifat. Tidak memaknai lafaz ayat dengan makna yang zahirnya dikarenakan adanya dalil yang tidak memungkinkan untuk memaknai lafaz ayat tersebut dengan makna zahir. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dan untuk pencapaian yang maksimal, metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kajian tafsir mauḍu’i.
Full Text:
PDFReferences
’Uthaimin, M. I. S. Al-. (1984). sharḥ Luma’tul I’tiqād. Riyadh: Muassasah Risālah Maktabah Al-Rashad.
Abdallah, K. H. (2012). Manhaj Al-Imam Fakhruddin Al-Razi, Bayna Al-Asya’irah wa Al-Mu’tazilah. Beirut: Dar Al-Nawadir.
Al-Aqil, M. (2009). Manhaj ‘Aqidah Imam Ash-Shafi’i. Jakarta: Pustaka Imam Shafi’I.
Al-Ḥamīd, ‘Abd Allāh bin ‘Abd. (2014). Al-Wajīz fī ‘Aqīdah Al-Salaf Al-Ṣāliḥ. Istanbul: Al-Ghuraba.
Al-Kiwari, K. (2020). Sharh Al-Qawaid Al-Muthla. Bekasi: Dhiyaul ’Ilmi.
Al-Maqdisi, I. Q. (2019). Sharḥ Luma’tul I’tiqād. Jakarta: Dārul Haq.
Al-Qaṭṭān, M. (2002). Mabāhith fī ‘Ulūm Al-Qur’an. Qahirah: Maktabah Wahbah.
Al-Razi, M. F. (1990). Tafsir Al-Kabir wa Mafatih Al-Ghaib. Beirut: Dar Al Fikr.
Baghdadi, A. ‘Ali ibn M. ibn I. Al-. (2004). Lubab Al-Ta’wil fi Ma’ani Al-Tanzil (Tafsir Al-Khozin). Bayrut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah.
Dzahabi, M. ibn A. ibn ’Utsman ibn Q. A.-. (2003). Al-Kaba‘ir. Uni Emirat Arab: Maktabah Al-Furqan.
Fatiimah, S. R. (2019). Etika Isti’dzan Bertamu dalam Surat al--Nur Ayat 27-29. UIN Sunan Ampel.
Izzan, A. (2011). Metodologi Ilmu Tafsir. Bandung: Tafakur.
Kemenag. (2005). Mushaf Al-Qur`an Terjemah Edisi 2002. Jakarta: Al-Huda Kelompok Gema Insani.
Khindir, A. (2021). Kontekstualisasi Konsep Takdir dan Kaulitas di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Analisis Fakhruddin Al-Rāzi dalam Tafsir Mafatih Al-Ghaib). UIN Sunan Ampel.
Mahfudz, M. (2016). Etika Guru dan Murid dalam Tafsir Mafatihul Ghaib Karya Al-Razi. UIN Walisongo.
Mujtaḥid, U. (2020). Prinsip-Prinsip Dasar Memahami Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allāh. bekasi: Pustaka Dhiya’ul ‘Ilmi.
Namir, A. M. (1985). Ilmu Al-Tafsir Kayfa Nasha’a wa Tathawwara Hatta intaha ila asrina Al-hadir. Kairo: Dar Kutub Islamiyah.
Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Razi, F. M. ibn ‘Umar al-. (1981). Mafatih al-Ghayb. Bayrut: Dar al-Fikr.
Rohmatullah. (2019). Syifa’ dalam Al-Qur’an. IAIN CURUP.
Wahidin, A. (2014). Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid Asma Wa Sifat. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 3(06), 578.
Yamani, T. (2015). Memahami Al Quran dengan Metode Tafsir Maudhui. 1(2).
Zahabi, M. H. Al-. (2005). Al-Tafsir wa Al-Mufassirun. Kairo: Darul Hadis.
Zakaria, A. (2015). Tekstualisme dalam Tafsir Teologi (Perspektif al-Sa’di tentang Sifat Allah dalam Al-Qur’an). Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 221–261.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sakira Riskawati, Ade Wahidin, Ibrahim Bafadhol

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.