Sifat Fi’liyah Allah dalam Al-Qur’an (Studi Atas Kitab Mafātiḥ Al-Ghaib Karya Fakhr Al-Dīn Al-Rāzi)

Authors

  • Sakira Riskawati STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ibrahim Bafadhol STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i2.2994

Abstract

Dalam memahami tauhid asmÄ wa á¹£ifÄt, para mufassir dari berbagai kelompok berbeda dalam mendeskripsikannya. Dalam hal ini khususnya berbicara tentang sifat fi’liyah AllÄh mufassir berbeda pendapat dan untuk dapat mengetahui lebih dalam apa dan bagaimana penafsiran para ulama terhadap ayat-ayat fi’liyyah AllÄh, terutama dari pemahaman Fakhr Al-DÄ«n Al-RÄzi. Pada artikel ini penulis memfokuskan pada lafaz istawÄ, Al-maji, Al-kalÄm, irÄdah, dan Al-rizq. Adapun hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa Fakhr Fakhr Al-DÄ«n Al-RÄzi cenderung menggunakan takwil dalam memahami ayat-ayat sifat. Tidak memaknai lafaz ayat dengan makna yang zahirnya dikarenakan adanya dalil yang tidak memungkinkan untuk memaknai lafaz ayat tersebut dengan makna zahir. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dan untuk pencapaian yang maksimal, metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kajian tafsir mauá¸u’i.

References

’Uthaimin, M. I. S. Al-. (1984). sharḥ Luma’tul I’tiqÄd. Riyadh: Muassasah RisÄlah Maktabah Al-Rashad.

Abdallah, K. H. (2012). Manhaj Al-Imam Fakhruddin Al-Razi, Bayna Al-Asya’irah wa Al-Mu’tazilah. Beirut: Dar Al-Nawadir.

Al-Aqil, M. (2009). Manhaj ‘Aqidah Imam Ash-Shafi’i. Jakarta: Pustaka Imam Shafi’I.

Al-ḤamÄ«d, ‘Abd AllÄh bin ‘Abd. (2014). Al-WajÄ«z fÄ« ‘AqÄ«dah Al-Salaf Al-á¹¢Äliḥ. Istanbul: Al-Ghuraba.

Al-Kiwari, K. (2020). Sharh Al-Qawaid Al-Muthla. Bekasi: Dhiyaul ’Ilmi.

Al-Maqdisi, I. Q. (2019). Sharḥ Luma’tul I’tiqÄd. Jakarta: DÄrul Haq.

Al-Qaá¹­á¹­Än, M. (2002). MabÄhith fÄ« ‘UlÅ«m Al-Qur’an. Qahirah: Maktabah Wahbah.

Al-Razi, M. F. (1990). Tafsir Al-Kabir wa Mafatih Al-Ghaib. Beirut: Dar Al Fikr.

Baghdadi, A. ‘Ali ibn M. ibn I. Al-. (2004). Lubab Al-Ta’wil fi Ma’ani Al-Tanzil (Tafsir Al-Khozin). Bayrut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyyah.

Dzahabi, M. ibn A. ibn ’Utsman ibn Q. A.-. (2003). Al-Kaba‘ir. Uni Emirat Arab: Maktabah Al-Furqan.

Fatiimah, S. R. (2019). Etika Isti’dzan Bertamu dalam Surat al--Nur Ayat 27-29. UIN Sunan Ampel.

Izzan, A. (2011). Metodologi Ilmu Tafsir. Bandung: Tafakur.

Kemenag. (2005). Mushaf Al-Qur`an Terjemah Edisi 2002. Jakarta: Al-Huda Kelompok Gema Insani.

Khindir, A. (2021). Kontekstualisasi Konsep Takdir dan Kaulitas di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Analisis Fakhruddin Al-RÄzi dalam Tafsir Mafatih Al-Ghaib). UIN Sunan Ampel.

Mahfudz, M. (2016). Etika Guru dan Murid dalam Tafsir Mafatihul Ghaib Karya Al-Razi. UIN Walisongo.

Mujtaḥid, U. (2020). Prinsip-Prinsip Dasar Memahami Nama-Nama dan Sifat-Sifat AllÄh. bekasi: Pustaka Dhiya’ul ‘Ilmi.

Namir, A. M. (1985). Ilmu Al-Tafsir Kayfa Nasha’a wa Tathawwara Hatta intaha ila asrina Al-hadir. Kairo: Dar Kutub Islamiyah.

Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Razi, F. M. ibn ‘Umar al-. (1981). Mafatih al-Ghayb. Bayrut: Dar al-Fikr.

Rohmatullah. (2019). Syifa’ dalam Al-Qur’an. IAIN CURUP.

Wahidin, A. (2014). Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Tauhid Asma Wa Sifat. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 3(06), 578.

Yamani, T. (2015). Memahami Al Quran dengan Metode Tafsir Maudhui. 1(2).

Zahabi, M. H. Al-. (2005). Al-Tafsir wa Al-Mufassirun. Kairo: Darul Hadis.

Zakaria, A. (2015). Tekstualisme dalam Tafsir Teologi (Perspektif al-Sa’di tentang Sifat Allah dalam Al-Qur’an). Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 221–261.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Riskawati, S., Wahidin, A., & Bafadhol, I. (2022). Sifat Fi’liyah Allah dalam Al-Qur’an (Studi Atas Kitab Mafātiḥ Al-Ghaib Karya Fakhr Al-DÄ«n Al-Rāzi). Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 327–342. https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i2.2994

Citation Check