Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa Tingkat SMP di Bogor

M Isnaeni, Rahendra Maya, Wartono Wartono

Abstract


Setiap orang memiliki peran dan fungsi yang harus dijalankan begitupun dengan guru Budi Pekerti dan PAI sehingga penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Cioma Bogor Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif menganguna alisis berbagai data berupa data serta kalimat. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa yaitu sebagai berikut: (a) sebagai suri teladan, (b) sebagai insfirator, (c) sebagai motivator, (d) sebagai evaluator. Kedua, faktor-faktor pendukung yaitu: (a) penguatan internal guru, (b) media pembelajaran, dan (c) metode. Ketiga, faktor-faktor penghambat yaitu: (a) sarana prasarana yang kurang memadai dan (b) kurangnya pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Keempat, solusi dalam mengatasi faktor-faktor penghambat yaitu: (a) solusi terkait sarana prasarana dengan perluasan area masjid, dan (b) solusi dari kurangnya pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI dan Budi Pekerti adalah mengelompokan siswa yang tidak paham diberikan pelajaran secara khusus berupa bimbingan, motivasi, dan pretes

Full Text:

PDF

References


Abdi. Mulia. (2017). Al-Quran dan Terjemahannya. Bekasi: PT Mulia Agung.

Syarbini, A. (2012). Buku Pendidikan Karakter. Jakarta: Prima.

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). KBBI Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Gunawan, F. (2018). Penelitian Hukum, Pendidikan, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta: Budi Utama.

Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Budi Utama.

Firdaus, A., Maulida, A., & Sarbini, M. (2018). Peran Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SDN Cibereum 4. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B).

Lubis, R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Al-Fatih, 1(1).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Fitrah, M. & Luthfyah. (2017). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Kualitatif & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak.

Gora, R. (2019). Riset Kualitatif Public Relations. Surabaya: Jakad Publishing.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: kalam mulia

Ramayulis. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Soebardhy dkk. (2020). Kapita Selekta Metodologi Penelitian. Pasuruan: CV Qlara Media.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Tim Redaksi Nuansa Aulia. (2010). Sistem Pendidikan Nasional(Sisdikas). Bandung: Nuansa Aulia Bandung.

Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu sosial, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Bandung: Nilacakra.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 M Isnaeni, Rahendra Maya, Wartono Wartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats