Strategi Pimpinan Pesantren Hilal Dalam Mencetak Kader Imam Masjid Pada Pesantren Hilal

Authors

  • M Nur Sholihuddin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wartono Wartono STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i01.2769

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang strategi pimpinan pesantren hilal dalam mencetak kader imam masjid pada pondok pesantren hilal kelurahan sukaresmi kecamatan tanah sareal kota Bogor tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian adalah tahfizul Qur’an, public speaking, menanamkan jiwa kepemimpinan, memahami manajemen salat khusyuk. Kedua faktor pendukung (a) permintaan Imam masjid yang banyak, (b) pengajar yang profesional, (d) materi-materi pengkaderan, (e) lingkungan yang asri. Ketiga faktor yang menghambat (a) Mindset masyarakat yang menganggap Imam masjid tidak harus dipelajari, (b) pemahaman masyarakat yang beraneka ragam, (c) kurtur budaya yang kurang mendukung, (d) pendidikan formal, (e) beberapa santri yang belum menguasai pengkaderan Imam masjid. keempat Solusi dari faktor penghambat (a) Memberi pencerahan kepada masyarakat terkait Imam salat, (b) bijaksana dalam menanggapi masalah khilafiah, (c) memberikan pelatihan, (d) penseleksian, (e) Pembiasaan-pembiasaan

References

Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahhab Sayyed Hawwas. (2013). Fiqih Ibadah. Jakarta: PT. Klola Printing.

Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahhab Sayyed Hawwas. (2013). Fiqih Ibadah. Jakarta: PT Klola Printing.

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abubakar Jabir Jabir Al-Jazari.(2017). Minhajul Muslim, Bekasi: PT Darul Falah.

Ade Sudaryat. (2018). Salat Meminta Jabatan. Garut: Penerbit Ypu.

Ansufri Idrus Sambo. (2020). Salat khusyu’ itu Mudah. Bogor: HILAL ProAD.

Hadyatul Fauza. (2017) Peran Imam Masjid Dalam Membina Kesadaran Tentang Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Membina Keluarga (studi Kasus Deskriptif Analitis pada Keluarga Prtasejahtera Di Kecamatan Kluet Timur, kabupaten Aceh Selatan. Unifersitas Islam Negri Ar-Raniry Darusalam, Banda Aceh Fakultas Dakwah dan komunikasi.

Haidar Putra Daulay. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

https://tutorialbahasainggris.co.id>penertian, jenis, faktor dan cara memaknai kader dan kaderisasi diakses pada hari Rabu, 22 September 2021pada pukul 10:15 WIB.

https: //lektur.id > arti-pimpinan, tiga arti pimpinan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diakses tanggal 14 agustus 2020 pukul 20:20 WIB.

Ida Widaningsih. (2019). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Revolusi Indrusti 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Iis supriyani. (2018) Strategi Pengkaderan Lembaga Dakwah Kampus (Studi Kasus di Lembaga Dakwah Kampus Ar-Risalah UIN Ar-Raniry). Ar-Raniry Darusalam Banda Aceh Fakultas Usuludin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN).

Imam An-nawawi. (2011). Riyadus Sholihin.Solo: Insan Kamil.

Khalilirrohman Al-Mahfani. (2016). Kitab Lengkap Panduan Salat. Jakarta: Wahyu Qolbu.

Lufri Dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran; Strategi Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: cv irdh.

Moh. Yusup Saepuloh Jamil, DKK. (2019). Transformasi dan Optimalisasi Potensi Masjid Ujung Utara Kabupaten Tasikmalaya. Wonosobo: Penerbit Mangku Bumi.

Nasar dan Moh. Mashur Abadi. (2018). Wajah-Wajah Masjid di Madura. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Nilamsari, N. (2017). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. Wacana: Jurnal ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2),

Reza Purnama. (2019). Strategi Mundir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (studi pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri Kabupaten Bogor). Jurusan Tarbiah fakultas Progam Pendidikan Agama Islam. ProsA PAI.

Reza Purnama. (2019). Strategi Mundir Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (studi pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Sukamantri Kabupaten Bogor). Jurusan Tarbiah fakultas Progam Pendidikan Agama Islam.

Soegijono, M. S., & KR, D. (1993). Wawancara Sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 3(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

wawancara dengan Bapak Agus Munoro pada hari rabu tanggal 7 Juni 2021 pada pukul 13.35 WIB bertempat di halaman Pesantren Hilal.

Zamakhsyari Dofier (2011). Tradisi Pesantren Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: Lp3es hlm. 41.

Temuan

Hasil wawancara dengan Bapak Agus Munoro pada hari rabu tanggal 7 Juni 2021 pada pukul bertempat di halaman Pesantren Hilal.

Hasil wawancara dengan Bapak Agus Munoro pada hari rabu tanggal 8 Juni 2021 pada pukul bertempat di halaman Pesantren Hilal.

Hasil wawancara dengan Bapak Ansufri idrus Sambo pada hari juma’at tanggal 16 Juli 2021 bertempat di halaman Pondok Pesantren Hilal Bogor.

Hasil wawancara dengan Bapak Rahmatullah ND pada hari sabtu taggal 25 Juli 2021 pada bertempat di dalam Masjid Darul Khosi’in Pesantren Hilal Bogor.

Observasi Penelitian lingkungan dan Observasi Penelitian Progam Pengkaderan Imam Masjid. Dilaksanakan pada hari rabu tanggal 7 dan 8 Juni 2021 bertempat di Pesantren Hilal

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Sholihuddin, M. N., Wartono, W., & Sarifudin, A. (2022). Strategi Pimpinan Pesantren Hilal Dalam Mencetak Kader Imam Masjid Pada Pesantren Hilal. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(01), 195–210. https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i01.2769

Citation Check