Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Authors

  • Geovani Ilyas Nauval STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Moch. Yasyakur STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i01.2768

Keywords:

, upaya guru, minat belajar, pendidikan agama islam

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Mundu 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif interpretative. Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru antara lain: guru selalu memberikan perhatian kepada siswa yang memiliki minat belajar yang kurang, memberikan tugas rumah yang terukur, guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa serta menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi; (2) Faktor pendukung antara lain: sarana dan prasarana sekolah yang memadai, menerapkan metode belajar PAIKEM, lingkungan sekolah yang aman dan nyaman; (3) Faktor penghambat antara lain: rasa malas belajar pada siswa, kurangnya tenaga pengajar dan kurangnya dukungan dari orangtua murid; (4) Solusi yang dilakukan adalah menambah fasilitas sekolah seperti lab dan perpustakaan, memberikan motivasi kepada siswa, menambah jumlah tenaga pengajar,  dan memberikan tugas rumah

References

Elihami Elihami, Abdullah Syahid. (2018). Penerapan Pembelajaran Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan.

Darmadi, Hamid. (2015) . Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi.

Fatimah, Siti. (2016). Minat dan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 03 Banda Aceh. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala

Karina, Rizky Meuthia, Alfiati Syafrina, Sy. Habibah. (2017). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran. FKIP Unsyiah: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Nuri, Ahmad. (2007). Partisipasi Wali Murid Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak di Raudlatul Athfal Miftahul Ulum Pamekasan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Moh. Solikudin Djaelani. (2013). Peran Pendidikan Agama Islam dalam keluarga dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA.

Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK kesehatan di kota Tanggerang. Pujangga: Jurnal Sastra dan Bahasa.

Maya, Rahendra. (2013). Esensi guru dalam visi-misi pendidikan karakter. Jurnal Edukasi.

Setyowati, Erna. (2009). Pendidikan Budi Pekerti Menjadi Mata Pelajaran di Sekolah. Lembaran Ilmu Kependidikan: Journal of education research.

Wahidin, Unang. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.

Yasyakur, Moch. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.

Buku

Rais, Happy El. (2012). Kamus Ilmiah populer. Yogyakarta. pustaka Pelajar.

Widyastuti, Retno. (2014). Kebaikan Akhlak dan Budi Pekerti. Semarang. ALPRIN.

Slameto. (2018). Belajar dan Fakto-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Wijaya, Iwan. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Sukabumi: CV Jejak.

Suryadi Rudi Ahmad. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Nauval, G. I., Wahidin, U., & Yasyakur, M. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(01), 181–193. https://doi.org/10.30868/cendikia.v2i01.2768

Citation Check