Pengaruh Pembinaan Kerohanian Islam Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa

Authors

  • Euis Komala Dewi STAI Al-Hidayah, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah, Indonesia

Keywords:

pembinaan, kerohanian Islam, prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan kerohanian Islam terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa di SMA Negeri 1 Ciomas Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,angket, wawancara dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini terdapat 40 siswa, kemudian untuk pengambilan sampel peneliti berpedoman kepada Suharsimi Arikunto. Berdasarkan teori nya jika populasi kurang dari 100 orang maka penelitian tersebut termasuk kepada penelitian populasi. Dengan demikian peneliti mengambil semua siswa yang mengikuti eskul Rohis dari populasi di SMA Negeri 1 Ciomas Bogor.Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara pembinaan kerohanian islam terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa, yaitu r hitung lebih besar dari r tabel (0,556 > 0,312) berarti ada dalam tingkat hubungan sedang dan koefisien determinan atau koefisien penentu menunjukkan pengaruh variabel X terhadap Y adalah 31 % dengan signifikansi sebesar 4,124. Jadi dapat dikatakan “H0†ditolak dan “Ha†diterima yang berarti ada pengaruh

References

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan, 159.

Cahyadi,D. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Pembinaan Keceerdasan Emosional pada Siswa Kelas V di SDN Kota Batu 06 Bogor. Jurnal STAIALhidayahbogor.146(1)

Hasil Penelitian

Aini , N. (2019). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam dan Keaktifan Mengikuti Pembelajaran di dalam Kelas Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa SMK Sakti Gemolong Kabupaten Seragen.

Zahera, T. R. (2018). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Tulang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Buku

Sugiyono.(2016).Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Ramayulis, P. D. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Yusuf, A,M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif &

Pennelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suryana,Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hafid, A. A. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Alim, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

, P. M. (2014). Kegiatan ekstrakurukuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah Pasal 1 Ayat 1.

Muhibbin syah. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja rosdakarya

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Dewi, E. K., Wahidin, U., & Sarifudin, A. (2022). Pengaruh Pembinaan Kerohanian Islam Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(01), 129–138. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2756

Citation Check