UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 28, 29, DAN 30 BAGI SISWA KELAS V SDIT QATRUNNADA CIOMAS BOGOR

Authors

  • Haji Aziz S. Koli Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Sarbini Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

guru, alquran, hafalan, siswa

Abstract

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Peratam, kondisi hafalan Al-Qur’an bagi siswa kelas V di SDIT Qatrunnada Ciomas Bogor telah berjalan dengan baik. Kedua, upaya guru Al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an, diantaranya dengan metode talaqqi guru membaca dan siswa mengikutinya agar bacaan murid sesuai dengan hukum bacaan Al-Qur’an dan untuk memperbaiki bacaan siswa. Ketiga, adapun faktor yang mendukung bagi siswa dalam menghafal Al-Qur’an diantaranya adalah akhlak yang baik sehingga para siswa terpacu dalam menghafal Al-Qur’an, lingkungan yang nyaman dan sejuk, bersungguh-sungguh dalam menghafal, punya harapan yang tinggi, khususnya dalam menghafal Al-Qur’an. Keempat, faktor yang menghambat, yaitu sering berganti-gantinya mushaf Al-Qur’an yang digunakan dalam menghafal, terlalu banyak penggunaan media elektronik sampai melampaui batas, serta terlalu banyaknya bergurau sesama teman. Kelima, solusi yang diambil oleh guru Al-Qur’an Sadalah menanamkan akhlak baik agar dimiliki para siswa sehingga terpacu dalam menghafal Al-Qur’an

References

Maya, R., Sadiah, & Wahidin U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Dalam Pemberantasan Buta Huruf Alquran Di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. 01(01).

Wahidin, A. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Hadits." Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 02(03).

Sumber dari Buku

Kurnaedi, Ya’la Abu. (2010). Metode Asy-Syafi’i Cara Praktis Baca Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor Al-Hidayah Press.

Mushaf Al-Qiblat. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Pustaka Al-Hadi.

Purwanto, Junaidi Soeparno. (2012). Al-Qur’an Sumber Segala Ilmu. Solo: Sendang Ilmu.

Ramayulis. (2013). Profesi Dan Etika Keguruan. Jakarta: kalam Mulia.

Saebani, Ahmad Beni., dan Akhdiyat Hendra. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Afabeta.

Yamin, Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Sumber Hasil Wawancara

Hasil wawancara dengan Dodi Nurhadi. (11 Desember 2019 di halaman sekolah, pukul 08:00).

Hasil wawancara dengan Dodi Nurhadi. (27 November 2019 di halaman sekolah, pukul 08:40).

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

S. Koli, H. A., Sarbini, M., & Maulida, A. (2022). UPAYA GURU AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 28, 29, DAN 30 BAGI SISWA KELAS V SDIT QATRUNNADA CIOMAS BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 367–376. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2197

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>