EVALUASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN AL FALAKIYAH LOJI BOGOR

Authors

  • Azis Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muslim Muslim Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

pengelolaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pengelolaan pembelajaran tahfizh dalam meningkatkan hafalan santri di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Al-Falakiyah Loji Bogor yang meliputi pengelolaan pembelajaran tahfizh, konsep evaluasi pembelajaran tahfizh, dan model atau metode evaluasi pembelajaran tahfizh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Pengelolaan pembelajaran tahfizh yang dilakukan sudah efektif dan efisien, hal itu terlihat dari jadwal kegiatan santri yang sering berinteraksi dengan Al-Qur’an. (2). Metode pembelajaran tajwid dan tahsin mengguanakan metode qiraati. (3). Konsep evaluasi yang digunakan sangat sederhana namun konsep tersebut cukup efektif dan efesien, dimana perkembangan hafalan santri akan terus terawasi. (4). Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (contexs, input, process, product). (5). Hasil evaluasi contexs menunjukan bahwa tujuan yang telah ditentukan oleh pondok pesantren secara umum bisa dicapai.

References

Eko Putro Widoyoko. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marisson. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Abdul Majid. (2013). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Alfian Erwiansyah. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 05, No. 01, 72-73.

Aprida Pane & Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 03, no. 02, 337.

Darodjat & Wahyudhiana M. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, Vol 14, No 1, 9.

Fory A. Nawai. (2016). Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.

Idrus L. (2019). Evaluaisi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 09, No 02.

Ihwan Mahmud. (2011). Model Evaluasi Program Pemdidikan. Jurnal At Ta’dib, Vol.6, No.1, 119.

Ina Magdalena Dkk. (2020). Konsep Dasarevaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar di SD Negeri Bencongan 1. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol 02, No1, 90.

Jejen Mustafa. (2015). Manajemen Pendidikan: Teori Kebijakan Dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Marlina Erliyanti. (2016). Pengelolaan Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogik Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.03, No.02, 210.

Nova Indah Wijayanti. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP Di Perpusatakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu, Vol.3, No.1, 45.

Rina Febriana. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sabit Alfatoni. (2015). Teknik Menghafal Al-Qur'an. Semarang: CV.Ghyyas putra.

Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Al Thariqoh, Vol. 03, No. 01,, 42.

Suharsumi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabbar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaenal Arifin. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Hidayat, A., Muslim, M., & Sarifudin, S. (2022). EVALUASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN AL FALAKIYAH LOJI BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 261–278. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2190

Citation Check