UPAYA GURU TAHSIN DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VI DI SDIT AL-KAHFI CIRACAS JAKARTA TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020

Nurul Fadhil, Moch Yasyakur, Wartono Wartono

Abstract


ABSTRAK

Guru tahsin merupakan orang dewasa yang memberikan ilmu mengenai kaidah-kaidah tajwid dan pelafalan huruf hijaiyah yang terfokus untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa serta memberi contoh kepada siswa yang dibimbing agar sesuai kaidah. Penelitian ini bertempatkan di SDIT Al-Kahfi Ciracas Jakarta Timur. Metode yang digunakan penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif interpretasi. Dari hasil penelitian di peroleh; (1) Upaya guru tahsin antara lain pembagian level Al-Qur’an untuk siswa, menggunakan langkah-langkah pembelajaran, dalam satu kelas dibimbing oleh dua guru tahsin, mempunyai perangakat administrasi diantaranya, Prota, Promes, dan RPP, menggunakan media pembelajaran, guru tahsin dituntut untuk memiliki bacaan yang bagus dan paham teori tajwid dan sabar dalam mendidik siswa, dan adanya evaluasi pembelajaran; (2) faktor pendukung antara lain adanya keinginan dalam diri siswa, adanya kelompok belajar, guru tahsin memiliki keterampilan,sarana dan prasarana yang memadai; (3) faktor penghambat diantaranya rasa malas dari siswa, main game, ketidak sesuaian dengan metode yang disepakati oleh guru-guru, jaringan wifi yang bermasalah, tidak ada bimbingan dari orang tua; (4) solusi yang dilakukan antara lain menghubungi orang tua siswa, menasehati kepada siswa, adanya pembinaan guru, penggunaan paket data dan, meningkatkan kuota internet, komunikasi antara guru tahsin dan orang tua

Keywords


guru tahsin, bacaan Al-Qur’an, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abdurohim, A. I. (2016). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV Penerbit Diponogoro.

Aly, A., & Zain, A. (2009). Kaidah-Kaidah Membaca Al-Qur’an dengan Tartil. Jakarta: Al-Qamar Media.

Annuri, A. (2017). Panduan Tahsin Tilawah Alquran & Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Asnan Purba, M. (2019). Mendidik Anak Dalam Mencintai Al-Quran: Studi Kasus Di Tpa Darussalam Al-Hamidiyah Bogor. Edukasi Islami.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2019). Peran Program Tahfiz Dan Tahsin Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jurnal Mudarrisuna Vol. 9 No. 1.

Baidowi, A. (2015). Penazaman Hadis tentang Al-Quran (Kajian Kitab Al Masabih An Nuraniyyah fi Al Ahadis Al Qur’aniyyah Karya K. H. Abdullah Umar. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Quran Dan Hadis,

bari, I. a. (2017). Panduan mengelola sekolah tahfidz. Sukoharjo: Al-Qowam.

Bulaeng. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil Melalui Metode Iqra Pada Siswa Kelas V Di SD Inpres Tinggimae Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Darmawan, Hardi dan Hardi, Indrawati. (2011). Cinta Kasih Jurus Jitu Mendidik Anak: Pengalaman 36 Tahun. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Emzir. (2019). Metodologi penelitian: kuantitatif dan kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Fajriani, D. (2019). Implementasi Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Quran Siswa Di Smp-It Anni’mah Margahayu. JPII.

Hanafi, Y., Murtadho, N., Ikhsan, M., Saefi, M., & Diyana, T. (2019). Literasi Al-Qur'an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid. sidoarjo: delta pijar khatulistiwa.

Hidayat, Rahmat (2016). Ilmu Pendidikan Islam “Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/pengertian-upaya.html akses pada tanggal 3 januari 2021.

https://kbbi.web.id/upaya. diakses pada 3 Januari 2021

https://lektur.id/arti-bacaan/#:~:text=Menurut%20Kamus%20Besar%20Bahasa%20Indonesia,Contoh%3A%20bacaannya%20kurang%20lancar. Diakses pada hari rabu tanggal 10 maret 2021.

https://lektur.id/arti-meningkatkan/ diakses pada tanggal 5 juli 2021.

https://www.diadona.id/d-stories/pengertian-preventif-macam-fungsi-dan-tujuannya-dalam-kehidupan-sehari-hari-200706o.html akses tanggal 21 Juni 2021.

Leu, B. (2020). Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Qur’an Untuk Pembaca Pemula Ilmuna. Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 135.

Maya, R. (2017). Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 285.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitain Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Munawwir, A. W. (1997). Almunawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Muridana, D. r. (2020). Implementasi metode wafa dalam peningkatan baca Al-Qur’an siswa SDIT insan madani palopo. Skirpsi. Palopo: Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan institute agama islam negeri palopo.

nata, A. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Prenada Media.

Qawi, Abdul. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di Mtsn Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol. 16. No. 2.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kauntitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: alfa Beta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal promosi jurnal pendidikan ekonomi,

Wijaya, T., Maya, R., & Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Hafalan Alquran Siswa Kelas Xi Sma Al Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2018/2019 Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. Bogor: STAI Al-Hidayah Bogor.

Yuhana, Asep Nanang, Aminy, Fadlilah Aisah, (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam

sebagai Konselor dalam sebagai Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 7, No. 1.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Fadhil, Moch Yasyakur, Wartono Wartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats