Strategi Kiai dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Manbaul Furqon Karehkel Kecamatan Leuwiliang Bogor Tahun 2020
Keywords:
strategi, kiai, menghafal Al-Qur’anAbstract
Menghafal Al-Qur’an membutuhkan strategi untuk ketercapian target hafalan santri, tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan peningkatan hafalan santri melalui strategi yang telah diberikan oleh kiai. Penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Manbaul Furqon Karehkel Kecamatan Leuwiliang Bogor dengan menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan non statistik. Adapun hasil penelitian adalah (1) starategi yang dilakukan oleh kiai yaitu, pengenalan ayat Al-Qur’an, tahsin, program setoran kepada kiai, tasmi’, program tilawah setiap ba’da salat, santri menjadi imam salat, muroja’ah dan wisuda. (2) faktor pendukung; rajin membaca Al-Qur’an, ketekunan, taat dan khidmat kepada kiai, kedisiplinan dan menentukan target hafalan. (3) faktor penghambat; belum lancar membaca Al-Qur’an, banyak bermain handphone, lemahnya konsentrasi, dan banyak bermaksiat. (4) solusinya; terus dibimbing,reward, funishment, memberikan motivasi, dan instropeksi diri secara rutin.
References
Agama , D. (2015). Al-Qur'an dan terjemahannya. Jakarta: Al Hadi Media Kreasi.
Al Ghausani, Y. (2015). Metode Cepat Hafal Al-Qur'an. Solo: As-salam Publishing.
Al hijr, h. h. (2016). agar anak mudah menghafal Al-Qur'an. jakarta: Darys Sunnah Press.
Anjuma, A. (2016). testimoni para penghafal Al-QUr'an. yogyakarta: Diva press.
Annuri, A. (2019). panduan tahsin tilawah Al-Qur'an & ilmu tajwid. jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Anwar, R. (2015). pengantar ulumul qur'an dan ulumul hadits. Yogyakarta: IRCiSoD.
Dhofier, Z. (2011). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Edi, F. (2016). teori wawancara psikodignistik. Yogyakarta: Leutika Prio.
Ibrahim. (2015). metodologi penelitian kualitatif beserta conth proposal kualitatif. pontianak: Al fabeta.
Ilyas, Y. (2014). Kuliah Ulumul Qur'an. Yogyakarta: Itqan Publishing.
Kompri. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenamedia Group.
Nasional, D. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat. Jakarta: PT Gramedia.
Nata, A. (2014). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. 2014: Kencana Prenada Media Group.
Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitaitf Jenis Karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Siyoto, S. (2015). dasar metodologi penelitian. sleman: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2016). metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaraf An-nawawi, b. (2018). At-Tibyan adab penghafal Al-Qur'an. sukoharjo: al qowam.
Ubaid, M. (2017). Langkah Mudah Menghafal Al-QUr'an. solo: Aqwam.
Pratiwi, Nuning Indah. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi.
Jurnal, Ilmiah Dinamika Sosial, 01(02).
Sondak, Sandi Hesti, at all. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai di Dinas Pendidikan Daerah
Ginanjar, M.,H (2017). Aktivitas Menghafal AL-Qur’an da Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor) Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.60. no11