Upaya Guru Mengaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Masjid Jami At-Taufiq Situ Gede Kota Bogor

Muhammad Rohimat, Moch Yasyakur, Wartono Wartono

Abstract


Guru mengaji mempunyai tugas yang besar untuk berupaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an khusus nya pada anak usia sekolah dasar supaya terhindar dari kesalahan dalam membaca Al-Qur’an, penelitian ini bertempatkan di Masjid Jami At-Taufiq Situ Gede Kota Bogor. Adapun metode penelitian penulis menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitiann yang dihasilkan adalah Pertama upaya guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah (a) mengkondisikan guru mengaji (b) memberikan pendekatan (c) membuat kurikulum (d) metode talaqqi (e) memberikan motivasi (f) tadarus (g) sabar (h) mengajarkan ilmu tajwid (i) menghafal surat pendek. Kedua Faktor pendukung Guru Mengaji  adalah (a) membuat perencanaan (b) guru mengaji semangat (c) guru mengaji yang mumpuni (d) sarana dan prasarana yang baik (e) hubungan baik guru mengaji dengan para orang tua murid (f) motivasi yang terus diberikan (g) dukungan orang tua. Ketiga Faktor penghambat Guru Mengaji adalah (a) kurangnya motivasi (b) kurangnya guru mengaji yang mumpuni (c) kurangnya dukungan masyarakat (d) kurangnya sarana prasarana yang ada dimasjid (e) kurangnya pendekatan dari guru mengaji dengan orang tua murid. Keempat Solusi Guru Mengaji adalah (a) memberikan motivasi (b) ditambahnya guru mengaji yang mumpuni (c) sosialisasi dengan masyarakat (d) dilengkapinya sarana dan prasarana  (e) pendekatan guru mengaji dengan orang tua murid.

Full Text:

PDF

References


Abdurohim, Acep Iim. (2016). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Abu Ya’la Kurnaedi dan Nizar Sa’ad Jabal. (2017). Metode Asy-Syafi’I Ilmu Tajwid Praktis 20 Jam. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Al-Fauzan, Shalih Bin Fauzan. (2019). Kitab Tauhid. Jakarta Timur: UMMUL QURA.

Al-Qaththan, Syaikh Manna. (2017). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta Timur. Pustaka Al-Kautsar.

An-Nawawi, Imam. (2017). Riyadush Shalihin. Jawa Tengah: Insan Kamil.

Asep Saepul Hamdi dan E. Bahruddin. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Bogor: UIKA Press.

Badan Penembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Edi, Fandi Rosi Sarwo. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera.

Fauziah, Shima Dewi (2018). Upaya Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fiqh Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Metro.

https://kbbi.web.id/kaji.id/kaji.html Diakses pada tanggal 25 maret 2020 pada pukul 08.19 WIB.

https://fkipuniska.ac.id/macam-macam-metode-pembelajaran-pengertian-jenis-dan-contohnya diakses pada tanggal 14 februari 2021 pukul 22.31 WIB

Ismail, Muhammad Ilyas. (2020). Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Prinsip, Teknik, Dan Prosedur. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Kusnadi (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif. Kota Tasikmalaya. Edu Publisher.

Maya Rahendra. (2019). Pengantar Ilmiah Pemikiran Pendidikan Islam. Bogor: Al Hidayah Press.

Octavia, Shilpy A.. (2020). Etika Profesi Guru. Yogyakarta: PENERBIT DEEPUBLISH.

Sugiono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syakir, Syaikh Ahmad. (2017). Mukhtashar Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta Timur: Darus Sunnah Press.

Wardan, Khusnul. (2019). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Rohimat, Moch Yasyakur, Wartono Wartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats