NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAT ASY-SYU’ARĀ 89 (Tinjauan Terhadap Tafsir al-Marāgī)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v5i02.898

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang dapat diambil dari Q.S. asy-Syu’arÄ ayat 89 dan mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Q.S. asy-Syu’arÄ ayat 89 dengan proses pembelajaran akhlak pada tingkatan Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber primer dari penelitian ini adalah kitab tafsir al-MarÄgÄ« sebuah karya fenomenal dari Ahmad Mustafa al-MarÄgÄ«. Adapun sumber sekundernya adalah literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara dokumentasi, dan analisis data dengan menggunakan deskriptif analitik, selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis secara konseptual mengenai kandungan isi disertai dengan istilah yang ada di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Q.S. asy-Syu’arÄ ayat 89 terdiri dari dua bagian, yaitu akhlak kepada Allah dan akhlak pribadi. Di antara akhlak kepada Allah adalah bertaqwa, tawakkal, ikhlas. Sedangkan yang termasuk akhlak pribadi adalah istiqamah, malu, tawadhu, pemaaf, amanah, dan sabar.  Selain daripada itu, dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya penyucian dan pembersihan hati dalam rangka menciptakan akhlak yang karimah bagi setiap muslim, khususnya para murid supaya tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif.

References

Al-Ghazali. (2005). Ihya ’Ulum Ad-Din. (Beirut: Dar Ibnu Hazm.

Al-Maragi, Ahmad Mustofa. (2006). Tafsir Al-Maraagi. Lebanon: Dar al-Kotob al-Ilmiyah,

Al-Qaththan, Manna’. (2018). Mabahits Fii ’Uluum Al-Qur’an. Lebanon: Resalah Publishers.

Arifin, Muhammad. (2002). Perbandingan Pendidikan Islam. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Cahyo, Edo Dwi. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1). hlm. 16 <https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150>

Daradjat, Zakiyah. (1984). Dasar-Dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Farid, Ahmad. (2010). Manajemen Qalbu Ulama Salaf. Surabaya: La Raiba Bima Amanta (eLBA),

Gani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Jurnal Pendidikan Islam, 6. hlm. 273–84

Ghoni, Abdul. (2017). Pemikiran Pendidikan Naquib Al-Attas Dalam Pendidikan Islam Kontemporer, Keilmuan dan Teknologi, 3(1).

Ilyas, Yunahar. (2016). Kuliah Akhlak. Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI).

Iqbal, Abu Muhammad. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud, UURI Nomor - Jakarta:, and undefined 20, ‘Tahun 2003. Sisdiknas’

Madjid, Abd. (2015). Manusia Dalam Tafsir Al-Maraghi. Yogyakarta: Sabda Media.

Mandzur, Ibnu. (t.t.). Lisan Al-’Arab. Beirut: Dar Shadir.

Munawwir, Ahmad Warson. (1997). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Rohman, Abdul. (2016). Pembiasaan Sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Remaja’, Nadwa, 6(1). 155 <https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.1.462>

Rusdin. (2016). Insan Kamil Dalam Perspektif Muhammad Iqbal. Rausyan Fikr, 71–251

Salamah, Nur’aini Fidaris. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kisah Nabi Sulaiman. Kajian Tafsir Al-MarÄgÄ«.

Sumara, Dadan. (2017). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). <https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393>

Tafsir, Ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tajab, M; Abd. Madjid dan Mega Hidayati. (2019). Psychology of Patience In Al- MisbÄh Exegesis, 7(5). 1221–30

Published

21-12-2020

How to Cite

Sadaruddin, M. A. S. (2020). NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAT ASY-SYU’ARÄ€ 89 (Tinjauan Terhadap Tafsir al-MarāgÄ«). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 5(02), 251–266. https://doi.org/10.30868/at.v5i02.898

Citation Check