AL-WUJUH WA AN-NAẒAIR DALAM TAFSIR MODERN (Studi Analisis Kitab Tafsir at-Tafsir al-Wasiţ li Al-Quran al-Karim)

Authors

  • Hasanuddin Hasanuddin Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia, Indonesia
  • Ade Naelul Huda Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia
  • Muhammad Azizan Fitriana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v10i01.8294

Keywords:

Al-Wujūh wa An-Naẓā`ir, Zikir, Doa, Sholat, Sayyid Muhammad Ţanţāwi

Abstract

Penelitian ini mengkaji konsep Al-Wujūh wa An-Naẓā’ir dalam tafsir modern, khususnya dalam kitab Tafsir al-Wasīţ li Al-Qur`ān al-Karīm karya Sayyid Ţanţāwi. Al-Wujūh wa An-Naẓā’ir merujuk pada kata-kata dalam Al-Qur'an yang memiliki berbagai makna tergantung pada konteksnya. Konsep ini sangat penting karena membantu memahami keragaman makna kata-kata dalam Al-Qur'an, memberikan dimensi yang lebih dalam dan kaya terhadap pemahaman teks suci. Sayyid Ţanţāwi memberikan perhatian khusus pada lafaz zikir, doa, dan shalat dalam tafsirnya. Zikir dijelaskan sebagai pengingatan kepada Allah yang tidak hanya bersifat teologis, tetapi juga mencakup aspek moral dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penafsiran Sayyid Ţanţāwi serta relevansi dalam al-wasīţ ditinjau dari segi al-Wujūh wa an-Naẓā`ir pada makna lafaz zikir, doa, shalat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis riset kepustakaan dengan pendekatan deskriptif-analitis. Kitab Tafsir al-Wasīţ menjadi sumber utama yang kemudian dikomparasikan dengan literatur tafsir lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran Sayyid Ţanţāwi atas zikir, doa, dan shalat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai peran ketiga kata tersebut dalam membentuk kehidupan spiritual dan sosial seorang Muslim. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya memahami Al-Wujūh wa An-Naẓā’ir dalam rangka menafsirkan Al-Qur’an secara mendalam, dan konsep tersebut relevan dengan kebutuhan umat Muslim dalam memahami makna-makna Al-Qur’an di zaman modern.

References

Abduh, M. (2007). Tafsir Al-Fatihah. Mesir: al-Haihah al-‘Ammah li al-Qusur al-Saqafah.

Ad-Damaghani. (t.t). al-Wujuh wa an-Nazhair. Beirut: Dar al-Kutub al-ilmiyyah.

Akbar, F. (2011). Shalat Tuntunan Nabi Saw. Yogyakarta: Nuha Litera.

al-Azhari``, A. M. (1964). Tahdzib al-Lughah. Kairo: Dar al-Qaumiyah al-Arabiyah.

al-Baidhawi, N. A.-S. (2011). Tafsir al-Baidhawi. Beirut: Dar al-Kotob.

al-Baijuri, I. (2007). Hasyiyah al-Baijuri. Jakarta: Darul Kutub Islamiyah.

al-Bayumi, M. R. (2022). Al-Imam Muhammad Sayyid Thanthawi: Hayatu ‘Amirah Bil ‘Ilmi Wa Al-‘Amal Wa Al-Iman. Kairo: Majalah Al-Azhar.

al-Damaghani, H. b. (1983). Qamus Al-Qur`an au Ishlah al-Wujuh wa an-Nazha`ir fi al-Qur`an al-Karim. Beirut: Dar al-Ilmi al-Malayin.

Al-Ghazzi, I. Q. (t.t). Fathul Qarib Mujib. Surabaya: Maktabah Imaratullah.

al-Hasani, M. i.-M. (t.t). Zubdah al-Itqan fi ‘Ulūm al-Qur’an. Terj: Tarmana Abdul Qosim.

al-Maraghi, M. (1974). Tafsir al-Maraghi. Beirut: Dar el-Fikr.

al-Qara'awi, S. b. (1990). al-Wujuh wa an-Nazha`ir fi al-Qur`an al-Karim Dirasah wa Muwazanah. Riyadh: Maktabah al-Rusyd.

al-Rifa'i, M. N. (2012). Taisiru al-Aliyyil Qadir Li Ikhtishari tafsir Ibnu Katsir” Diterjemahkan oleh: Syihabuddin dengan judul: Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Jilid. 4 Cet. I. Depok: Gema Insani.

al-Shaybani, A. A. (2001). Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal. Riyadh: al-Risalah.

al-Toyyib, M. b. (t.t). I'jaz Al-Qur'an. Kairo: Dar al-Ma'arif.

al-Zamakhsyari, A. a.-Q. (2006). Tafsir Al-Kasyaf. Beirut: Dar al-Kotob.

Amal, T. A. (2016). Rekonstruksi dalam Sejarah Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Alvabet.

Amrullah, A. M. (1990). Tafsir Al-Azhar. Singapura: Pustaka Nasional PTE LDT.

Ash-Shiddiqi, M. H. (1997). Pedoman Zikir dan Doa. Yogyakarta: Pustaka Rizki Putra.

As-Suyuthi, J. (2004). Al-Itqan fi Ulum al-Quran. Kairo: Darul Hadis.

Ath-Thabari, A. J. (t.t). Jami'ul Baya fi Tafsir al-Qur'an. Kairo: Daar al-Hajar.

Az-Zarkasyi. (1957). al-Burhan fi Ulum al-Qur'an. Kairo: Maktabah Turas.

Chirzin, M. (2003). Al-Quran dan Ulumul Quran. Yogyakarta: Dana Bakti Prima Yasa.

Daming, M. (2012). Keagungan Al-Qur'an: Analisis Muhasabah. Makasar: Pustaka al-Zikra.

Faris, M. Z. (1994). Maqayis al-Lughah. Beirut: Dar al-Fikr.

Sakho, M. A. (2016). Oase Al-Qur'an. Depok: Penerbit Qaf.

Saleh, dkk. (2000). Asbabun Nuzul. Bandung: Diponorogo.

Shihab, Q. (2013). Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati.

Subandi. (2009). Psikologi Dzikir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulaiman, M. b. (2011). al-Wujuh wa al-Nazhair. Riyad: Maktabah al-Rusyd.

Taimiyah, I. (2005). Majmu' Fatawa. Madinan: Majma' Malik Fahd.

Tantawi, M. S. (1998). al-Tafsir al-Wasit li Al-Qur’an al-Karim Vol 1. Kairo: Dar al-Nahdah.

Tantawi, M. S. (2008). Al-Tafsir Al-Wasith li Al-Qur'an al-Karim. Kairo: Dar as-Sa'adah.

Published

13-05-2025

How to Cite

Hasanuddin, H., Huda, A. N., & Fitriana, M. A. (2025). AL-WUJUH WA AN-NAẒAIR DALAM TAFSIR MODERN (Studi Analisis Kitab Tafsir at-Tafsir al-Wasiţ li Al-Quran al-Karim). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 10(01), 1–16. https://doi.org/10.30868/at.v10i01.8294

Citation Check