KAIDAH TARJIH DALAM PENAFSIRAN JAMALUDDIN AL-QASIMI STUDI TAFSIR MAHASIN AL-TA’WIL

Authors

  • Rofiudin Rofiudin Universitas PPTQ Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v10i01.8187

Keywords:

kaidah tafsir, Tarjih, Jamaluddin Al-Qasimi, Mahasin al-Ta’wil

Abstract

Artikel ini mengupas tentang kaidah tarjih dalam penafsiran Jamaluddin Al-Qasimi studi tafsir Mahasin al-Ta’wil. Di antara kaidah tafsir terdapat istilah yang disebut dengan perbedaan penafsiran (ikhtilaf al-tafsir). Secara umum perbedaan dalam menafsirkan lebih merujuk pada perbedaan dari segi variatif ketimbang kontradiktif serta perbedaan penafsiran di kalangan mufasir lebih sedikit, dibandingkan perbedaan pendapat dari segi ahli fiqh. Selain itu, perbedaan panafsiran juga disebabkan dua persolaan, yaitu: pertama, perbedaan pemahaman dalam berijtihad dari kalangan ulama, dan kedua, adanya nash al-Qur’an memungkin memiliki banyak makna. Hal tersebut, merupakan dasar dibutuhkannya tarjih, sebagaimana yang diuraikan dalam Mahasin al-Ta’wil karya Jamaluddin Al-Qasimi dan telah ditegaskan dalam muqadimahnya. Adapun kaidah yang digunakan dalam pentarjihan dengan al-Qur’an, dengan zahir al-Qur’an, dengan dengan makna nazair al-Qur’an,dengan menggunakan hadismentarjih dengan kebahasaan, mentarjih dengan qira’at para Imam. dengan pendapat mayoritas Ulama. dengan dilalah al-siyaq, berdasarkan madzhab ahli sunah wal jama’ah. dengan menggunakan nasikh-mansukh, dengan asbab al-nuzul. Sedang bentuk-bentuk yang digunakan mentarjih adalah al-sahih, al-sawwab, al-rajih, al-haqq, al-‘asahh, al-azhar, al-aksaral-aqrab, al-ansab, al-asyharal-aujah, al-asybah, al-tahqiq,  dan al-muta’ayyin.

 

References

Al-Haddar, M. (2019). Tinjauan Isra’iliyat Dalam Tafsir Mahasin Al-Ta’wil Karya Imam Jamaludin Al-Qasimi. Al-Munir: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(1), 27–46. https://doi.org/10.24239/al-munir.v1i1.22

Al-Harbi, H. bin A. (2008). Qawa’id al-Tarjih ’Inda Al-Harbi. Dar Ibn al-Juzi.

Al-Jamal, ِa. Y. (2003). Manhaj al-Qāsimi fī Tafsīrihi Maḥāsin al-Taʾwīl: Dirāsah Taḥlīliyyah wa Naqdiyyah. al-Jami’ah al-Islamiyyah Gaza, 1(11).

Al-Kafiji, S. (1998). Al-Taisiir Fi Qawaid ’Ilmi al-Tafsir. Maktabah al-Qudsi.

Al-Mar’i, A. A. H. M. (2024). Daf‘u Ta‘āruḍi Riwayāti Asbābi an-Nuzūl bi at-Tarjīḥ fīmā Baynahā ‘inda al-Qāsimī, T. (1914 M) fī Tafsīrih (Dirāsah Ta’ṣīliyyah Taṭbīqiyyah). Damascus University Journal of Legal Sciences, 4(1), 32–51.

Al-Mujarab, H. M. (2018). Manhaj Al-Qasimi fi al-Takhrij bayna Aqwal al-Mufassirin min Khilal Tafsirihi Mahasin al-Ta’wil. Majlah Qut}t}a>’ Us}u>luddi>n, 1(13), 1132–1174.

Al-Qasimi, J. (2003). Tafsir Mahasin al-Ta’wil. Dar Kutub al-Ilmiyah.

Al-Suyuti, J. (2008). Al-Itqan fi Ulum al-Qur’an. al-Muassisah al-Risalah Nasyirun.

Al-Tayyar, M. bin S. (2006). Syarah Muqaddimah fi Usul al-Tafsir. Dar Ibn al-Juzi.

Al-Zarkasyi, B. (1990). Al-Burhan fi Ulum al-Qur’an. Dar al-Ma’rifat.

Alfaisan, S. bin A. (1997). Ikhtilaf al-Mufassirin Asbabuh wa Asaruh. Dar Asbiliya.

Ash-Shiddieqy, M. H. (2013). Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Pustaka Rizki Putra.

Atabik, A. (2015). Perspektif Imam asy-Syaukani dalam Tafsir asy-Syaukani. Hermeneutik, 9(2), 287–312.

Bin, M. bin A. bin S. al-S. (1995). Asbab Ikhtilaf al-Mufassirin. Maktabah al-’Abaikan.

Dimyati, M. ’Afifuddin. (2016). Ilmu alTafsir Usush wa Manahijih. Maktabah Lisan Arabi.

Efendi, M. A., & Putri, W. D. (2024). Term Al-Kautsar dalam Tafsir: Studi Komparatif Tafsir Mahasin al-Ta’wil, Al-Mizan, dan Safinah Kalla Saya’lamun. Amsal Al-Qur’an: Jurnal Al-Qur’an dan Hadis, 1(2), 83–98.

Faruqi, A. (2017). Kecerdasan Emosi Dalam Tafsir Mahasin Al-Ta’wil. Jurnal Qolamuna, 3, 1–20.

Fatih, M. (2024). KAIDAH TAFSIR DAN PENERAPANNYA MENURUT M. QURAISH SHIHAB. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1–23.

Fatihunnada. (2017). Diskursus Pembagian Warisan Bagi Wanita: Kritik Terhadap Tafsir Sosial Al-Qâsimî dalam Mahâsin Al-Ta’wîl. AL-‘ADALAH, 14(59), 1–24.

Fauziah, I. (2018). Kenabian Siddharta Gautama dalam Al-Qur’an Menurut Penafsiran Al-Qasimi. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 2(1), 43. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.914

Ghazali, M. Bin. (n.d.). Qawaid al-Tarjih fi al-Juz ’ i 30 fi Tafsir Ahkam Al-Qur ’ an. Studia Quranika, 6(1).

Hafizd, J. Z., Aen, I. N., & Anwar, S. (2024). Metodologi Tarjih Dalil dalam Istinbath Hukum Islam. 9(2), 128–139.

Hamzah, A., & Asriadi, A. (2020). Kaidah Tafsir Dan Aplikasinya Pada Masa Nabi Dan Sahabat. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an dan Tafsir, 5(2), 1–21. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v5i2.373

Harahap, M. H. (2016). Ketokohan Syekh Jamaluddin Al-Qasimi (1282H-1332H) Dalam Bidang Pendidikan. Khazanah, Jurnal of Islamic Studies, 4, 1–23.

Haromaini, A. (2020a). Kaidah Penafsiran Menurut Muhammad Jamal Al-Din Al-Qasimi. Islamika, 14(1), 38–46. https://doi.org/10.33592/islamika.v14i1.640

Haromaini, A. (2020b). Metode Penyajian Tafsir Mahasin Al-Ta’Wil Karya Muhammad Jamal Al-Din Al-Qasimi. Islamika, 12(2), 24–37. https://doi.org/10.33592/islamika.v12i2.410

Ibn Taimiyyah. (1972). Muqaddimah fi Usul al-Tafsir. Jami’ah Damaskus.

Idris, I., Harfin, H., & Subaidi, S. (2021). Wacana Israiliyyat Dalam Kitab Mahasin Al-Ta’Wil Karya Al-Qasimi. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi al-Quran dan al-Hadis, 9(01), 75. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v9i01.7932

Ikhsan, M. (2024). Ikhtilaf dalam Tafsir Al-Qur ’ an dan Kedudukannya dalam Hukum Islam Ikhtilaf in the Tafsir of the Qur ’ an and its Position in Islamic Law. Dirasah, 1(1), 62–76.

Kalkan, G., İşbirliği, T., & Başkanlığı, A. (2023). CEMALEDDİN EL-KASIMİ’NİN İLMİ KİŞİLİĞİ. Eurasian Academy of Sciences, 16, 56–62.

Mahmud, M. A. H. (2000). Manahij al-Mufassirin. Dar al-Kitab Misri.

Mamonto, I. (2024). Metode Tarjih Ibnu Jarir Al-Thabari dalam Tafsir : Analisis. 5(2), 954–964. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1355

Muhammad, M. A. A. (2019). Ṣīgh al-Tarjīḥ wa Qawāʿiduhu ʿinda al-Qāsimī fī Tafsīrihi: Maḥāsin al-Taʾwīl. مجلة السعيد للعلوم الإنسانية والتطبقية, 3(1).

Mustaqim, A. (2014). Metode Penelitian Al-Qur’an dan Tafsir. Idea Press Yogyakarta.

Nafisah, A., & Rahim, M. A. (2023). Kajian Terhadap Tafsir Mahâsin Al-Ta’wîl : Mengenal Pribadi Pengarang Dan Manhaj. El-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 19(10), 146–168.

Rahmat, A. F., Al-munawwar, S. A., & Widayati, R. (2024). KONTRIBUSI HUSAIN AL-HARBI (l. 1387 H) BAGI STUDI TARJĪḤ TAFSIR. Hikami: jurnal ilmu alquran dan tafsir, 5(2), 149–172. https://doi.org/10.59622/jiat.v5i2.130

Ridho, M. M. A. (2023). Pemetaan Tafsir Dari Segi Periodesasi. Jurnal Keagamaan Pendidikan dan Mumaniora, 10(1), 55.

Sa’diyah, F. (2021). Kaidah Tafsir. AL-THIQAH: Jurnal Ilmu Keislaman, 4(1), 5.

Saifuddin, M., Muhid, & Nurita, A. (2023). Manhaj Jamaluddin Al-Qasimi Dalam Penerapan Ilmu Al-Jarh Wa Al-Taâdil. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 13(02), 1–10. https://doi.org/10.36835/HJSK.V13I02.4035

Shihab, M. Q. (2013a). Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Al-Qur’an. Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2013b). Membumikan al-Qur’an. Mizan.

Suharto, A., & Azizah, K. (2018). Karâmah Maryam ’Inda Jamâl ad-Dîn al-Qâshimy fi Tafsîrih Maḥâsin at-Ta’wîl. Studia Quranika, 3(1), 61. https://doi.org/10.21111/studiquran.v3i1.2330

Sulaiman, M. S. M. (2007). Ikhtilaf al-Salaf fi al-Tafsir Baina al-Tanzir wa al-Tatbiq. Dar Ibn al-Juzi.

Syailabi, A. A. M. (2020). السياق القراني وأثره فى الترجيح فى محاسن التأويل للقاسمي. مجلة كلية الادب-جامة بني سويف, 4(56).

Tanti, T., & Nurhidayah, L. (2023). Sifat-sifat Allah dalam Kitab Mahasin At-Ta’wil. Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 3(2), 66–81. https://doi.org/10.62109/ijiat.v3i2.30

Umiatu Rohmah, T. M. (2023). TARJIH AL-SHAWKĀNĪ DALAM TAFSIR FATḤ AL-QADĪR Studi Penafsiran Surah al-Nūr. AL ITQAN: Jurnal Studi Al-Qur’an, VIII(I), 1–19.

Published

13-05-2025

How to Cite

Rofiudin, R. (2025). KAIDAH TARJIH DALAM PENAFSIRAN JAMALUDDIN AL-QASIMI STUDI TAFSIR MAHASIN AL-TA’WIL. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 10(01), 95–108. https://doi.org/10.30868/at.v10i01.8187

Citation Check