TERMINOLOGI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN

Authors

  • Sihabuddin Afroni Pendidikan Agama Islam Universitas Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v4i02.597

Abstract

Artikel ini mendiskusian tentang terminologi pendidikan dalam Al-Qur’an.  Berangkat dari urgensi pendidikan bagi manusia, sangat penting jika di awal kita memastikan pengertian pendidikan yang dituturkan Al-Qur’an. Karena bertitik tolak dari pengertian atau definisi  inilah akan menjadikan dasar atau pondasi kuat mengenai konsep bangunan pendidikan Islam itu sendiri. Konsep bangunan pendidikan Islam yang ideal tidak terlepas dari pemahaman yang utuh terhadap berbagai istilah pendidikan dalam Al-Qur’an. Dari pemahaman istilah yang utuh akan menuntun pada pemahaman yang konprehensif. Dalam mengungkap term-term pendidikan yang digunakan tulisan ini menggunakan metode deskriptif filosofis. Metode ini bertujuan untuk menjelaskan sesuatu secara lebih mendalam. Masalah yang dikaji pada metode penelitian ini berkaitan dengan hal-ihwal sesuatu, proses, dan karakteristik sesuatu. Dalam Al-Qur’an banyak kita temui term yang berkorelasi dengan dunia pendidikan. Istilah-istilah pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an mempunyai makna, maksud, dan tujuan yang berbeda di antaranya, ta’lim, tarbiyah, tadris mauidzah, dan tazkiyah.

References

Vathin, K., Maya, R., dan Wahidin, U. (2019). Peran Majelis Taklim Quan Palace dalam Mengembangkan Akhlakul Karimah Jemaah Melalui Kajian Tazkiyatun Nufus. Prosa PAI: Prosiding Al hidyah Pendidikan Agama Islam.

Yayuli. (2017). Istilah-Istilah Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad S.A.W. Jurnal Suhuf, 29 (01).

Sumber dari Buku

Al-Abrasyi, M.A. (t.t.). Ruhut Tarbiyah wa Ta’li>m. Saudi Arabiyah: Da>rulAhya.

Al-Asfahani, A. (1992). Mu’jam Mufradat Alfazh Al-Qur’an. Beirut: Dar Al-Fikr.

Alba, C. (2012). Tasawuf dan Tarekat Dimensi Esoteris Ajaran Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al-Ghazali. (1996). Ilmu dalam Perspektif Tasawuf. Bandung: Karisma.

Al-Maraghi, A.M. (1992). Tafsir Al-Maraghi. Semarang: CV Thaha Putra, Juz 7.

An-Nahlawi, A. (1996). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press.

As-Suyuti, J. dan Al-Mahalli, J. (t.t.). Tafsir Al-Qur’anil Adzim. Indonesia: Maktabah Dar Ihya Al-Kutub Al-Arabiyah.

Ath-Thabari, J.M.I.J. (1996). Tafsir Ath-Thabari: Jami’ul Bayan Tawilul Qur’an. Beirut: Darul Kutub Ilmiyah.

Ath-Thabari, A.J.M.I.J. (1340). Tafsir Ath-Thobari. Kairo: Maktabah Ibnu Taymiyah.

Baidan, N. (1988). Metodologi Penafsiran Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Dalimunthe, S.S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies. Yogyakarta: Deepublish.

Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam: Prinsip dan Dasar Pengembangannya. Yogyakarta: Deepublish.

Hawa, S.M.D. (2004). Al-Mustakhlas fi Tazkiyatil Anfus. Jakarta: Robbani Pers.

Izzan, A. dan Saehudin. (2015). Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Bandung: Humaniora.

Jalâl, A.F. (1977).Min Al-Ushul Al-Tarbawiyah fí Al-Islâm. Kairo: Markaz Dauly li At-Ta’lim Al’Wadhifi li Al-Kubar fi Al-Ilm Al-Araby.

Muhaimin. (2001). Paradigama Pendidikan Islam: Upaya Mengefetifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah di Bandung. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Munawir, AW. (1984). Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Yogyakarta: Pondok Pesantren Al-Munawwir.

Munir, M. (2006). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.

Muri’ah, S. (2000). Metode Dakwah Kontemporer. Yogjakarta: Mitra Pustaka.

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Nizar, S. (2002). Filasafat Pendidikan Islam: Pendekatan, Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.

Ridlo, M.R. (1373). Tafsi>r Al-Mana}r. Mesir: Darul Manar.

Rosidin, D. (2003). Akar-Akar Pendidikan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Bandung: Pustaka Umat.

Shihab, M.Q. (1996). Membumikan Al-Qur’an, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Shihab, M.Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah. Jakara: Lentera Hati. Vol. 5.

Sudjana, N. (1991). Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: PT Sinar Baru.

Tilaar, H.A.R. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Ulwan, A.N. (2002).Tarbiyat Al-Aulad fi Al-Islam. Jakarta: Pustaka Amani.

Wahyudi, M.J. (2006). Nalar Pendidikan Qur’ani. Yogyakarta: Apeiron Philotes.

Wehr, H. (1971). A Dictionary of Modern Written Arabic.London: George Allen and Unwin Ltd.

Sumber dari Internet

Fahmi Hamid Zarkasyi, disampaikan dalalm Pelatihan Pemikiran dan Peradaban Islam yang diselenggarakan oleh RMI Jawa Timur, 2006 diunduh dari https://fokammsi.wordpress.com/2008/04/23/tarbiyah-ta%E2%80%99lim-dan-ta%E2% 80%99dib-dalam-al-qur%E2%80% 99an-dan-as-sunnah/ diakses tanggal 27 Juli 2018.

tps://www.academia.edu/28120916/Konsep At-Talim dalam Alquran/diakses tanggal; 2 Juli 2018.

ttps://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/درس-يدرس/?c=/diakses tanggal 3 Juli 2018.

Published

10-12-2019

How to Cite

Afroni, S. (2019). TERMINOLOGI PENDIDIKAN DALAM AL-QUR’AN. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(02), 174–197. https://doi.org/10.30868/at.v4i02.597

Citation Check