NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-AN’AM: 151 MENURUT BISRI MUSTAFA DALAM TAFSIR AL- IBRIZ DAN URGENSINYA DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Iqbal Ardiansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Safria Andy Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Akbar Rosyidi Datmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v8i02.5235

Keywords:

Akhlak, Al-An’am 151, dan Globalisasi

Abstract

Era globalisasi memang memudahkan manusia dalam mengakses berbagai hal karena kemudahan-kemudahan yang didapati, namun tak sedikit juga berdampak pada tatanan sosial masyarakat. Berbagai fenomena yang kita hadapi menunjukkan kemerosotan moral yang signifikan dari tahun ke tahun. Kondisi ini terwujud dalam perkelahian kekerasan, narkoba, alkohol, pornografi, kurang sopan santun kepada orang tua dan guru, bahkan hingga pembunuhan. Untuk itulah pendidikan akhlak diperlukan agar setiap orang dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai masyarakat dan nilai-nilai agama. Al-Qur'an adalah petunjuk Allah SWT yang jika dipelajari dengan baik akan membantu untuk menemukan pelajaran yang dapat dijadikan pedoman hidup dan dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan. Berdasarkan uraian di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak dalam QS. Al-An'am ayat 151 menurut Bisri Mustafa dalam Tafsir Al-Ibriz dan urgensinya di era globalisasi saat ini. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah library search atau pencarian perpustakaan dengan menggunakan sumber informasi utama yaitu Al-Qur’an Surah Al-An’am ayat 151. Beberapa nilai pendidikan akhlak yang ditemukan dalam QS. An’am ayat 151, yaitu Nilai Ketauhidan, Nilai Birrul Walidain, Nilai tanggung jawab dan tawakal, Nilai menjauhi perbuatan keji, dan Nilai perlindungan terhadap jiwa.

References

Bunyamin. 2018. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibn Miskawaih dan Aristoteles (Studi Komparatif). Jurnal Pendidikan Islam Vol. 9 (2) November.

Gade, Syabuddin. 2019. Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini. Aceh: NASA.

Ghofur. Amin, Saiful. 2008. Profil Para Mufassir AlQur’an. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Huda, Achmad Zainal. 2005. Mutiara Pesantren Perjalanan Hidmah KB. Bisri Mustofa. Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara.

Jaya, Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Mahmud, Aiman. 2020. Tuntutan Kisah-Kisah teladan Berbakti Kepada Orang Tua.Yogyakarta: Hikam Pustaska.

Mahmud, dkk,. 2013. Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga (Sebuah Panduan Lengkap bagi Para Guru, Orang tua, dan Calon). Jakarta: Akademia.

Misbahuddin, Iing . 1989. “Tafsir Al-Ibriz Li Ma’rifah Tafsir al-Qur’an al-Aziz Karya KH. Bisri Mustafa Rembang: Studi Metodologi Dan Pemikiranâ€. IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Muhajir, As’aril. 2011. Ilmu Pendidikan perspektif Kontekstual. Jakarta: Ar-Ruzz Media. 2011. Cet. 1.

Musthofa, Misbah. 2003. Tafsir al-Iklil fi Ma’ani al-Tanzil. Surabaya: al-Ahsan.

Mustofa, B. 1960. Tafsir Al-Ibriz Lima’rifati Tafsir Al-Qur’an Al-Aziz. Kudus: Menara Kudus.

Mustofa, Bisri A. 2016. Aku Manusia Kumpulan Puisi. Rembang: Mata air Publishing.

Mustofa, Bisri A. Al-Ibriz: Tafsir al-Qur’an Bahasa Jawa, vi.

Mustofa, KH. Bisri. Al-Ibriz li Ma’rifah Tafsir al-Qur’an al-Aziz. Kudus: Menara Kudus.

Nashoha, Muslih. 2003. Konsep Dan Pesan Dakwah KH.Bisri Mustofa. Disertasi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nata, Abuddin. 2015. Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rifa’i, Muhammad. 2009. Menguak Sejarah Tokoh Nasional: KH. Hasyim Asy’ari Biografi Singkat 1871-1947. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Rokhim, Nur. 2015. Kiai-kiai Karismatik dan Fenomenal. Yogyakarta: IRCiSoD.

Rosyad, Ali Miftakhu. 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Muhammadiyah Se-Kabupaten Indramayu. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies.

Sardar, Ziauddin. 2014. Ngaji Qur’an di Zaman Edan : Sebuah Tafsir untuk Menjawab Persoalan Mutakhir, Terj. Dari Reading The Qur’an: The Contemporary Relevance of The Sacred Text of Islam oleh Zainul Am,Hilmi Aklam dan Satrio Wahono. Jakarta : PT. Serambi Ilmu Semesta.

Sirait, Ibrahim. Siddik, Dja’far. Zubaidah, Siti. 2017. Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di MAN 1 Meda. Edu Riligia.Vol. 1 (4).

Soebahar, Abd. Halim. 2002. Wawasan Baru Pendidikan Islam. akarta: Kalam Mulia. 2002.

Zed, Mestika. 2008. Metodologi Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

https://news.detik.com/berita/d-6819193/8-aksi-begal-yang-bikin-geger-medan-ada-korban-tewas (Rabu 12 juni 2023, diakses pada 20 Juli 2023)

https://news.solopos.com/aksi-brutal-geng-motor-siswa-smk-di-bogor-meninggal-disabet-pedang-1571328 (Jum’at 10 Maret 2023, diakses pada Juli 2023)

https://batam.tribunnews.com/2022/10/10/anak-durhaka-ludahi-dan-pukul-ibunya-pakai-kipas-angin-marah-karena-tak-dipinjamkan-hp (diakses pada 20 Juli 2023)

Published

2023-11-20

How to Cite

Ardiansyah, I., Andy, S., & Datmi, M. A. R. (2023). NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-AN’AM: 151 MENURUT BISRI MUSTAFA DALAM TAFSIR AL- IBRIZ DAN URGENSINYA DI ERA GLOBALISASI. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 8(02). https://doi.org/10.30868/at.v8i02.5235

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.