RESEPSI KARAKTERISTIK PENDIDIK DAN PESESTA DIDIK DALAM AL-QUR’AN(STUDI LIVING QUR’AN KISAH NABI MUSA DAN KHIDIR DALAM SURAT AL-KAHF DI PESANTREN DARUL QUR’AN MULIA - BOGOR)
DOI:
https://doi.org/10.30868/at.v7i02.3579Keywords:
Living Qur’an, Karakteristik Guru, Karakteristik Siswa, Kisah Nabi Musa, Kisah KhidirAbstract
References
Abdul Mustaqim, -. (2020). Al-TafsÄ«r Al-MaqÄṣīdÄ« Al-Qaá¸ayÄ al-Mu‘Äá¹£irah fÄ« Ḍa’i Al-Qur’Än Wa al-Sunnah Al Nabawwiyah. Idea Press.
AbÅ« Zaid, W. ‘ĀsyÅ«r. (2019). Nahwa TafsÄ«r MaqÄá¹£idÄ« li Al-Qur’Än Al-Karim. Mofakroun.
Aisyah, A. (2022). Konsep Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik Ideal dalam Tafsir al-Qur’an al-’Azhim. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(1), 77–97.
al-Galiy, B. (1996). Syaikh al-Ja>mi’ al-Azham Muhammad al-Tahir ibn ’Asyur; Hayatuhu wa Atsaruhu. Dar Ibn Hazm.
al-Qaá¹á¹Än, M. K. (2000). MabÄḥith fÄ« ‘UlÅ«m Al-Qur’Än. Maktabat alMa‘Ärif.
al-Thabari, A. J. M. bin J. (2015). Jami’ al-Bayan ’an Ta’wil Ay al-Qur’an. Dar al-Salam.
al-Zarnuji, al-Z. (2004). Ta’lim al-Muta’allim; Thariq al-Ta’allum. al-Dar al-Sudaniah li al-Kutub.
al-Zuhaili, W. (2016). Al-Tafsir al-Munir fi al-’Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj. Dar al-Fikr.
al-Sya’rawi, M. M. (t.t.). Tafsir al-Sya’rawi. Akhbar al-Yaum.
Amirudin, N., Muhammad, S., & Ulum, S. (2020). Karakteristik Peserta Didik Ideal Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 68–82.
’Asyur, I. (2001). Maqasid al-Syari’ah al-Islamiyah. Dar al-Nafa’is.
Barnadib, S. I. (1986). Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. FIP-IKIP Yogyakarta.
Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Data-kasus-perlindungan-anak-2021. (t.t.). Diambil 18 November 2022, dari https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2021
Fikriyati, U. (2019). MaqÄÈ™id Al-Qur’Än: Genealogi dan Peta Perkembangannya dalam Khazanah Keislaman. ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman, 12(2), Art. 2.
Halim, A. (2014). Kitab Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir Karya Ibnu ‘Asyur Dan Kontribusinya Terhadap  Keilmuan Tafsir Kontemporer. Syahadah; Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Keislaman, 2(2), 15. https://doi.org/10.32520/syhd.v2i2.83
Hasib, M. A. (2022, Oktober 27). Sejarah Pendirian Pesantren Terpadu DQM [Komunikasi pribadi].
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan; Konsep, Teori dan Aplikasinya. LPPPI.
Ibn ‘ĀshÅ«r, M. al-ṬÄhir. (1984a). TafsÄ«r al-TaḥrÄ«r wa al-TanwÄ«r (Vol. 1). DÄr al-TÅ«nisiyyah li al-Nasyr.
Ibn ‘ĀshÅ«r, M. al-ṬÄhir. (1984b). TafsÄ«r al-TaḥrÄ«r wa al-TanwÄ«r (Vol. 15). DÄr al-TÅ«nisiyyah li al-Nasyr.
Ibn ‘ĀshÅ«r, M. al-ṬÄhir. (1984c). TafsÄ«r al-TaḥrÄ«r wa al-TanwÄ«r (Vol. 16). DÄr al-TÅ«nisiyyah li al-Nasyr.
ibn FÄris, A. (2008). MaqÄyÄ«s al-Lughah (Vol. 5). DÄr al-ḤadÄ«s.
Ibn Manẓūr, J. al-D. M. (2022). LisÄn al-‘Arab (Vol. 12). DÄr al-á¹¢Ädir.
Kusmana, K. (2018). EPISTEMOLOGI TAFSIR MAQASIDI. MUTAWATIR, 6(2), Art. 2. https://doi.org/10.15642/mutawatir.2016.6.2.206-231
Marimba, A. D. (1980). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. al-Ma’arif.
Nata, A. (1993). Al-Qur’an dan Hadits. Raja Grafindo Persda.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Prenada Media Group.
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara.
Sabri, R. (2017). Karakteristik Pendidik Ideal dalam Tinjauan Alquran. Sabilarrasyad; Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 20.
Saebani, B. A., & Akhdiyat, H. (2009). Ilmu Pendidikan Islam I. Pustaka Setia.
Tafsir, A. (1996). Epistemologi Untuk Ilmu Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Yasin, A. F. (2008). Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Uin-Malang Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).