PENERAPAN KAIDAH LA NAHYU PADA JUZ 30: ANALISIS MUHAMMAD KHALID AL-SABITH

Authors

  • Dindin Moh Saepudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v4i01.350

Abstract

para ahli Usul baik dalam Fiqih maupun tafsir terdapat perbedaan paham mengenai al-Nahyu  yang bermakna hakiki yaitu al-Tahrim(التحريم) atau bermakna Majazi, yang mempunyai beberapa makna seperti Doa (الدعاء), Iltimas(التمس) , Irshad (ارشاد), Dawam (دواما), Bayan al-’Aqibah (بيان العقبه) , al-yais(اليأس)  , Tamanni (التمني), Tahdiid, (تهديد), Kara<hah  (الْكَرَاهَةÙ), Tahqir (تحقير) , I’tinas الإئتناس)) dan Taubikh  (توبخ). Penggunaan Nahyu  lebih ditekankan pada syariat-syariat Islam dan operasional hukum, sedangkan pemaknaan Nahyu  pada masalah akidah, keimanan dan moral masih jarang dilakukan, oleh karena itu penulis berupaya menganalisis La Nahyu   dengan pendekatan kaidah Muhammad Khalid al-Sabith dalam karya Qawaid al-Tafsir pada Juz 30 yang merupakan surat Makiyyah, yang terulang 29 kali pada  Surat al-Naba: 24(2),35(2),37,38, al-infitar :19, al-Inshiqaq:20, 21, al-‘Ala: 6, 13(2), al-Ghashiyyah :7(2),11, 17, al-Fajr:17, 18, 25,26, al-Balad:11, al-Shams:15, al-Lail:15, al-Duha:9,10, al-‘Alaq:19, al-‘Adiyat:9, al-Maun:3, al-Kafirun:2, Selain itu kelebihan  Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan kaidah Nahyu  Usman Bin sabit yaitu kaidah satu digunakan pada 6 ayat, kaidah empat pada 17 ayat, dan kaidah lima pada 5 ayat, sedangkan makna La Nahyu  yang bermakna hakiki terulang 4 kali  yang bermakna al-Tahrim, sedangkan makna majazi terulang 25 kali dengan makna  taubikh 4 kali, bayan al-‘aqibah 15 kali, al-yais(اليأس) 1 kali, Dawam (دواما) 2 kali, Tahqir (تحقير)  1 kali, dan Irshad (ارشاد) 2 kali. Hal terebut menunjukkan bahwa ayat-ayat Makiyyah tidak menyinggung masalah hukum syariat tetapi menekankan kepada keimanan, akidah dan moral universal,

References

A Hanafie. Usul Fiqh. 8 ed., Widjaya Jakarta, 1981.

Abdul Jahhab Khallaf. Kaidah-Kaidah Hukum Islam (Ilmu Ushul Fiqih). Diterjemahkan oleh Noer Iskandar Al-’arsany dan Moh. Tolchah Mansuer, Rajawali Per, 1991.

Abdul Karimi ibn ’Ali ibn muhammad al-Namlah. al-Mazhab fi ’Ilmi Usul Fiqhi al-Muqarin. Vol. 3, Maktabah Rashada, 1420.

Abdurrahman Hasan Habnakah al-Maidaniy. al-Balagat al-‘Arabiyah; Ususuha wa ‘Ulumuha wa Fununuha. Vol. 1, Dar al-Qalam, 1996.

Adib Bisri, dan Munwwir A.Fatah. Kamus Al-Bisri. Pustaka Progressif, 1999.

Ahmad. W. Munawwir. Al -Munawir. Pustaka Praja, 1997.

Ali al-Karim, et al. Terjemahan Al-Balaaghatul Waadhihah. 1 ed., Sinar Baru Algensindo Bandung, 2011.

Al-Jami’ah al-Islamiyyah bi al-lmadinah al-Nabawi. Mudzakkirah Usul Fiqih. Mauqi’ al-Jami’ah ’ala iftirafat.

Ibnu Mandzur. Lisan Al-‘Arabiyya. Dar al-Ma’arif.

Ismardi. “Kaidah-Kaidah Tafsir Berkaitan Dengan Kaidah Ushul Menurut Khalid Utsman Al-Sabt: Kajian Terhadap Kaidah al-Amm-al-Khass, al-Mutlaq-al-Muqayyad, dan al-Mantuq-al-Mafhum.†Jurnal An-Nida’ :Jurnal Pemikiran Islam, vol. 39, no. 2, 2014, hal. 59–75.

Jalaluddin al-Suyuti. Al-Itqan Fi Ulumil Qur’an. 1 ed., Jami al-Huquq Mahfudzat Li Nasir, 1429.

Kartini. “Penerapan Al-Amr, Al-Nahy Dan Al-Ibahah Sebagai Kaidah Penetapan Hukum.†Jurnal Al-‘Ad, vol. 9, no. 1, 2016, hal. 19–36.

Khalid Utsman al-Sabt. Qawaid al-Tafsir. Vol. 1, Dar Ibn ’Affan, 1421.

Mahmud yunus. Arab-Indonesia. Mahmud Yunus Wa Dzurriyah, 1989.

Siti Fahimah. “Kaidah-Kaidah Memahami Amr Dan Nahy : Urgensitasnya Dalam Memahami Al Qur’an.†Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, vol. 1, no. 1, 2018, hal. 1–13.

Syamsuri. “Pengantar Qawaid al-Tafsir.†Sulesanaï€ , vol. 6 Nomor, no. 2, 2011, hal. 91–87.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa, 2008.

Zuhri, dan Ahmad Chumaidi. Terjemah Jawahirul Balaghah. 1 ed., Mutiara Ilmu Surabaya, 1994.

Published

12-05-2019

How to Cite

Moh Saepudin, D. (2019). PENERAPAN KAIDAH LA NAHYU PADA JUZ 30: ANALISIS MUHAMMAD KHALID AL-SABITH. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(01), 45–64. https://doi.org/10.30868/at.v4i01.350

Issue

Section

Articles

Citation Check