Al-Qur’an dan Tradisi Hadiyuwan di Desa kebonpring, Arjawinangun Cirebon

Authors

  • Sikha Amalia Sandia Pitaloka UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Iceland

DOI:

https://doi.org/10.30868/at.v7i02.3251

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang menjadi pedoman bagi umat islam, dan didalamnya terdapat ajaran, hukum dan kisah-kisah Perwujudan  dan aktualisasi al-Qur Än sering disebut para-liturgis, yaitu penggunaan Alquran di luar konteks format Ritus-ritus Islam. Hal ini contohnya bentuk doa pribadi (do’a, mantra, mantra dan jimat lisan (ruqya), jimat fisik dan jimat dan aplikasi penyembuhan lainnya dari Al-Qur Än.Pada tradisi Hadiyuwan wasilah, kepada Nabi Muhammad, sahabat-sahabat kemudian yang kedua adalah Uses of the Qur’an in historical and living contexts : oral uses of the Qur’an, dijelaskan bahwa melafalkan  dzikir (bacaan nama-nama ilahi) dan ayat-ayat al-Qur’an. Terdapat dua aspek performasi al-Qur’an pada tradisi hadiyuwan, yang pertama surat- surat  dan zikir yang dibacakan dalam tradisi hadiyuwan didesa arjawinangun Cirebon dapat memberikan perlindungan diri dari bencana dan memudahkan rezeki. Kedua, surat-surat yang dibacakan dan di tiupkan ke arah sajian dapat merubah elemen didalamnya dan digunakan sebagai obat baik jasmani maupun rohani. Wujud permohonan atas sesuatu pada tradisi hadiyuwan sesungguhnya hanya kepada Allah SWT, akan tetapi melalui tawassul kepada Nabi Muhammad, keluarga sahabat- sahabatnya, dan para wali.

References

Amin, Zamzami. 2015. Sejarah Pesantren Babakan Ciwaringin Dan Perang Nasioanl Kedondong 1802-1919. Bndung: Humaniora.Amin, Zamzami. 2015. Sejarah Pesantren Babakan Ciwaringin Dan Perang Nasioanl Kedondong 1802-1919. Bndung: Humaniora.

Bahtiar, Hafidz. 2011. Risalah Do’a Mujarab. Surabaya: Apollo Lestari.

Latif, Umar. 2014. “Al-Qur’an Sebagai Sumber Rahmat Dan Obat Penawar ( Syifa’) Bagi Manusia.†Al-Bayan 21(30).

Mauzila, Li Izza Diana. 2022. “PEMBACAAN SURAH AL-KAHFI DALAM TRADISI TAHLILAN (Kajian Living Qur’an Di Kampung Loloan, Negara Kabupaten Jembrana Bali).†UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

Muhammad, Abu ‘Abdullah. 1993. Al-Jami’ Lil-Ahkamil Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr.

O’Connor, Kathleen Malone. 2001. “Popular and Talismanic Uses of the Qur’an.†Encyclopedia of the Qur’an.

Pakar, Sutejo Ibn. 2015. Tahlilan, Hadiyuwan, Dzikir Dan Ziarah Kubur. Cirebon: Aksarasatu.

Roiawan, Agus. 2019. “TRADISI PEMBACAAN YASIN (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN KEDUNG KENONG MADIUN) SKRIPSI.†INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO.

Suratman. 2015. “Kritik Pemahaman Hadits Nabi Tentang Keutamaan Surat Al-Waqi’ah.†Jurnal Inovatif 1(1).

Yusuf, Yunan. 2013. Tafsir Khuluqun ‘Azhim. Tangerang: Lentera Hati.

Wawancara dengan Kyai Badri, di Arjawinangun, Imam Majlis Hadiyuwan dan Sesepuh di Desa Kebonpring.

Wawancara dengan Sulaiman , di Arjawinangun, Sebagai Masyaratakat Desa Kebonpring dan Bagian dari Jama’ah Tetap Tradisi Hadiyuwan.

Published

20-12-2022

How to Cite

Sandia Pitaloka, S. A. (2022). Al-Qur’an dan Tradisi Hadiyuwan di Desa kebonpring, Arjawinangun Cirebon. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(02), 139–152. https://doi.org/10.30868/at.v7i02.3251

Citation Check