Al-Qur’an dan Tradisi Hadiyuwan di Desa kebonpring, Arjawinangun Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.30868/at.v7i02.3251Abstract
Al-Qur’an adalah kitab suci umat islam yang menjadi pedoman bagi umat islam, dan didalamnya terdapat ajaran, hukum dan kisah-kisah Perwujudan dan aktualisasi al-Qur Än sering disebut para-liturgis, yaitu penggunaan Alquran di luar konteks format Ritus-ritus Islam. Hal ini contohnya bentuk doa pribadi (do’a, mantra, mantra dan jimat lisan (ruqya), jimat fisik dan jimat dan aplikasi penyembuhan lainnya dari Al-Qur Än.Pada tradisi Hadiyuwan wasilah, kepada Nabi Muhammad, sahabat-sahabat kemudian yang kedua adalah Uses of the Qur’an in historical and living contexts : oral uses of the Qur’an, dijelaskan bahwa melafalkan dzikir (bacaan nama-nama ilahi) dan ayat-ayat al-Qur’an. Terdapat dua aspek performasi al-Qur’an pada tradisi hadiyuwan, yang pertama surat- surat dan zikir yang dibacakan dalam tradisi hadiyuwan didesa arjawinangun Cirebon dapat memberikan perlindungan diri dari bencana dan memudahkan rezeki. Kedua, surat-surat yang dibacakan dan di tiupkan ke arah sajian dapat merubah elemen didalamnya dan digunakan sebagai obat baik jasmani maupun rohani. Wujud permohonan atas sesuatu pada tradisi hadiyuwan sesungguhnya hanya kepada Allah SWT, akan tetapi melalui tawassul kepada Nabi Muhammad, keluarga sahabat- sahabatnya, dan para wali.References
Amin, Zamzami. 2015. Sejarah Pesantren Babakan Ciwaringin Dan Perang Nasioanl Kedondong 1802-1919. Bndung: Humaniora.Amin, Zamzami. 2015. Sejarah Pesantren Babakan Ciwaringin Dan Perang Nasioanl Kedondong 1802-1919. Bndung: Humaniora.
Bahtiar, Hafidz. 2011. Risalah Do’a Mujarab. Surabaya: Apollo Lestari.
Latif, Umar. 2014. “Al-Qur’an Sebagai Sumber Rahmat Dan Obat Penawar ( Syifa’) Bagi Manusia.†Al-Bayan 21(30).
Mauzila, Li Izza Diana. 2022. “PEMBACAAN SURAH AL-KAHFI DALAM TRADISI TAHLILAN (Kajian Living Qur’an Di Kampung Loloan, Negara Kabupaten Jembrana Bali).†UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Muhammad, Abu ‘Abdullah. 1993. Al-Jami’ Lil-Ahkamil Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr.
O’Connor, Kathleen Malone. 2001. “Popular and Talismanic Uses of the Qur’an.†Encyclopedia of the Qur’an.
Pakar, Sutejo Ibn. 2015. Tahlilan, Hadiyuwan, Dzikir Dan Ziarah Kubur. Cirebon: Aksarasatu.
Roiawan, Agus. 2019. “TRADISI PEMBACAAN YASIN (STUDI LIVING QUR’AN DI PONDOK PESANTREN KEDUNG KENONG MADIUN) SKRIPSI.†INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO.
Suratman. 2015. “Kritik Pemahaman Hadits Nabi Tentang Keutamaan Surat Al-Waqi’ah.†Jurnal Inovatif 1(1).
Yusuf, Yunan. 2013. Tafsir Khuluqun ‘Azhim. Tangerang: Lentera Hati.
Wawancara dengan Kyai Badri, di Arjawinangun, Imam Majlis Hadiyuwan dan Sesepuh di Desa Kebonpring.
Wawancara dengan Sulaiman , di Arjawinangun, Sebagai Masyaratakat Desa Kebonpring dan Bagian dari Jama’ah Tetap Tradisi Hadiyuwan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).