Kosmetik Halal sebagai Lifestyle untuk Kesehatan: Studi Takhrij dan Syarah Hadis
DOI:
https://doi.org/10.30868/at.v6i02.1634Abstract
Hadis Nabi Saw mengajarkan halal lifestyle termasuk halal cosmetic. Penelitian ini bertujuan membahas hadis kosmetika halal sebagai kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode takhrij dan syarah hadis analisis isu kontemporer. Hasil penelitian ini menemukan status kualitas hadis kosmetika halal dinilai hasan li ghairihi, dalam arti maqbul dan ma’mul bih bagi amalan muslim. Kesimpulan penelitian ini adalah hadis Nabi saw tentang kosmetika halal lebih menekankan kesehatan daripada kecantikan. Penelitian ini merekomendasikan kepada konsemen, khususnya produsen dan regulator untuk menekankan jaminan bersih, sehat, dan aman pada produk kosmetika halal dalam lanskap pandangan dunia halal lifestyle.
References
Adinugraha, H. H., & Sartika, M. (2019). Halal Lifestyle Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 57–81.
Awalia, F. T. M., & Lahuri, S. Bin. (2021). The Influence of Religiosity On Consumer Behavior in Purchasing Halal Label Cosmetics. Ijtihad: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 15(1).
Azam, M. S. E., & Abdullah, M. A. (2020). Global halal industry: realities and opportunities. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 5(1), 47–59.
Aziz, N. I. A., & Ahmad, F. A. (2018). The Halal Lifestyle of Muslim Working Women. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(5), 1138–1147.
Choirunnisa, R., & Firmansyah, E. A. (2021). Muslim Consumer Behavior and Purchase. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 5(1), 11–30.
Darmalaksana, W. (2018). Paradigma Pemikiran Hadis. Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1), 95–106.
Darmalaksana, W. (2020a). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32620/
Darmalaksana, W. (2020b). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W. (2020c). Penelitian Metode Syarah Hadis Pendekatan Kontemporer: Sebuah Panduan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 5.
Darmalaksana, W. (2020d). Prosiding Proses Bisnis Validitas Hadis untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 1–7.
Darmalaksana, W., & Busro, B. (2021). Pariwisata Halal Perspektif Ekonomi Syariah: Studi Takhrij Hadis. Masyarakat Pariwisata: Journal of Community Services in Tourism, 2(2), 99–108.
Handayani, M. R., Abdullah, A. D., & Hidayanti, E. (2016). Implementasi Audiobook Islami Sebagai Media Pelatihan Berdakwah Muslim Tunanetra. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(1), 1–26.
Hashim, S. N. A., Mazlan, M., & Shafie, S. N. A. (2019). Aplikasi Gaya Hidup Halal sebagai Usaha mencapai Matlamat Pelaksanaan Pembangunan Lestari Islam. Jurnal’Ulwan, 4(1), 128–136.
Kusumaningtyas, R. F. R. (2018). Peran Religiosity Sebagai Moderator Pembentukan Halal Cosmetics Preference: Penelitian Pada Wardah Cosmetics. STIE Indonesia Banking School.
Mardiana, D., & Darmalaksana, W. (2020). Relevansi Syahid Ma’nawi dengan Peristiwa Pandemic Covid-19: Studi Matan Pendekatan Ma’anil Hadis. Jurnal Perspektif, 4(1), 12–19.
Maria, P. (2020). Pengaruh Atribut Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah:(Survey Pada Karyawan PT. Barclay Products Jakarta). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial, 1(1), 40–47.
Nur, I., & SAPIR, A. S. M. D. (2021). Halal Cosmetic Awareness among College Students in Malaysia. International Journal of Business and Economic Studies, 3(1), 17–26.
Nurul Yanti RSA, S. (2008). Pencegahan infeksi mata luar dengan menggunakan celak jenis antimonium ditinjau dari Ked, dan Islam. Universitas YARSI.
Pramintasari, T. R., & Fatmawati, I. (2017). Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1–33.
Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi komunikasi dalam membangun awareness wisata halal di kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78–90.
Rachman, A. (2020). Halal Branding; A Religious Doctrine in the Development of Islamic Da’wah. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(2), 133–144.
Salahuddin, N., Md Isa, N., Ahmad, M., Saad, S., & Salahuddin, N. R. (2017). Literasi Konsep Halal: Perbandingan Antara Belia Muslim dengan Bukan Muslim. Jurnal Pengguna Malaysia, 29, 84–102.
Saltanera. (2015). Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam. Lembaga Ilmu Dan Dakwah Publikasi Sarana Keagamaan, Lidwa Pusaka. https://store.lidwa.com/get/
Sholikhah, B., Fitri, R., & Mahanani, Y. (2021). Analisis Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI pada Generasi Millenial. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(2), 193–211.
Sthapit, E., Björk, P., & Piramanayagam, S. (2021). Motivational, emotional and memorable dimensions of non-Muslim tourists’ halal food experiences. Journal of Islamic Marketing.
Sugibayashi, K., Yusuf, E., Todo, H., Dahlizar, S., Sakdiset, P., Arce Jr, F., & See, G. L. (2019). Halal cosmetics: A review on ingredients, production, and testing methods. Cosmetics, 6(3), 37.
Ulfa, K. (2014). Studi tematik hadīs tentang tata cara tidur Nabi Muhammad SAW. UIN Walisongo.
Waliko, W. (2015). Konsep Iddah dan Ihdad bagi Wanita Karier yang Ditinggal Mati Suaminya: Tinjauan Ma’anil Hadis. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 10(1), 1–14.
Wibawa, B. M., Pranindyasari, C., Bhawika, G. W., & Mardhotillah, R. R. (2021). Discovering the importance of halal tourism for Indonesian Muslim travelers: perceptions and behaviors when traveling to a non-Muslim destination. Journal of Islamic Marketing.
Zainuddin, A., Ridzwan, S. I., & Ridzwan, S. B. (2020). The role of halalan-toyyiban supply chain practices as significant predictors towards excellent customer service management. Advances in Business Research International Journal, 6(1), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).