Pengaruh Halal Wareness Dan Halal Sertification Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Generasi Z

Authors

  • Fuji Pebriyanti Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Wina Rahmasarita Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia
  • Muhsin Muhsin Universitas Islam Nusantara Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.4303

Keywords:

Halal Awareness, Halal Sertification, Keputusan Pembelian

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan mayolitas penduduk muslim terbesar, mendorong terhadap tingginya permintaan pada produk bersertifikat halal. Sebagai seorang muslim sudah seyogyanya membeli produk halal sesuai yang ada pada teori perilaku konsumen muslim dan referensi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh halal awareness dan halal sertification terhadap keputusan pembelian produk wardah pada Generasi Z. sempel yang digunakan berjumlah 100 rentang usia 17-24 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekataan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, bahwa halal awareness dan halal sertification berpengaruh secara segnifikan terhadap keputusan pembelian produk wardah dikarenakan Generasi Z muslim ini mulai mempertimbangkan nilai-nilai agama yang mendorong untuk menggunakan produk yang bersertifikat MUI

References

Ambali, Abdul Raufu, and Ahmad Naqiyuddin Bakar. (2014). People’s Awareness on Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-Makers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 121. September 2012. 3–25 <https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1104>

Aprilia, Ferica, and Trisha Gilang Saraswati. (2021). Analisis Kesadaran Halal Sebagai Variabel Intervening Pada Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal Wardah Di Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah MEA: Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 5(1): 1125 <http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/980>

Budiastuti, Dyah, and Agustinus Bandur. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Penelitian, Binus.

Clarisa Nurul Lustika. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Dengan Kualitas Sebagai Variabel Moderating Dalam Perspektif Bisnis Syariah.

Fauziyah, Siti, and Peni Haryanti. (2022). Pendidikan Dan Religius Pada Pemberdayaan Ekonomi Gen Z IPNU IPPNU. JIES: Journal of Islamic Economics Studies, 3: 126–39

I Ahakwa. (2021). No Title Menjelajahi Dampak Saluran Komunikasi Tradisional Pada Keputusan Pembelian Pelanggan’, Seisense Business Review, <https://doi.org/10.33215/sbr.v1i1.561>

Jacinda, ‘Sertifikasi Halal’, Tourism and Hospitality Research, 17.4 (2022), 88–100

Jannah, Syayyidah M., and Hasan Al-Banna. (2021). Halal Awareness and Halal Traceability: Muslim Consumers’ and Entrepreneurs’ Perspectives. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 7(2): 285–316 <https://doi.org/10.21098/jimf.v7i2.1328>

‘Jbptunikompp-Gdl-Rinawatini-16618-4-Daftarp-’

Komarudin, and Sarkadi. (2017). 11_Buku_Evaluasi_Pembelajaran. 294

Mustafar, Mastora, Risyawati Mohamed Ismail, Siti Norezam Othman, and Rohani Abdullah. (2018). A Study on Halal Cosmetic Awareness among Malaysian Cosmetics Manufacturers. International Journal of Supply Chain Management, 7(5): 492–96.

Nadya, Aisha, and Muh Farozin. (2021). Career Guidance Conceptualization to Improve Career Adaptability for Generation Z. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 2(1): 20–26 <https://doi.org/10.21831/progcouns.v2i1.39906>

Nuryadi, Tutut Dewi Astuti, Endang Sri Utami, and M. Budiantara. (2017). Buku Ajar Dasar-Dasar Statistik Penelitian.

Rajaguguk, Jocelyn, and Harlyn Lindon Siagian. (2021). Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi. Jurnal Ilmiah MEA:Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, 5(3): 494–512.

Rossanty, Yossie, and M. Dharma Tuah Putra Nasution. (2016). Pengaruh Atribut Produk Dan Label Halal Sebagai Variabel Moderating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kemasan Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Tools, 6(1): 73–81.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Pebriyanti, F., Rahmasarita, W., & Muhsin, M. (2023). Pengaruh Halal Wareness Dan Halal Sertification Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Generasi Z. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(01). https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.4303

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.