PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII-3 DI MTS DARUL IHYA CIOMAS BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Shoffan Banany, Rahendra Maya, Ali Maulida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Akidah Akhlak beserta faktor pendukung, penghambat, dan solusi dari faktor penghambat dalam meningkatkan akhlakuk karimah siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang tersusun dari obeservasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis deskriptif interpretatif. Hasil penelitian dari peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Kelas VIII-3 di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ihya Ciomas Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian: Pertama, peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa Kelas VIII-3 di sekolah ini sudah cukup baik dalam berperan, yaitu dengan cara mendidik, membimbing, memfasilitasi, menasihati, dan juga mengevaluasi siswanya dalam hal-hal kebaikan. Kedua, faktor pendukung: (a) peraturan sekolah yang baik dan tegas; (b) guru yang kompeten; (c) fasilitas yang memadai; dan (d) kelas yang bersih dan nyaman. Ketiga, faktor penghambat: (a) latar belakang siswa yang beragam; (b) guru belum bisa mengejar kemajuan teknologi; dan (c) orang tua yang kurang perhatian terhadap anaknya. Keempat, solusi: (a) guru harus sigap menanggapi siswa yang bermasalah, (b) guru harus berusaha ekstra keras mengejar ketertinggalan kemajuan teknologi; dan (c) orang tua harus selalu memantau dan mendengarkan cerita anaknya, ketika ia telah melakukan sesuatu.

Keywords


pendidik, orang tua, moral, karakter, pelajar

Full Text:

PDF

References


Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).

Habibah, S. (2015). Akhlak dan Etika dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 01(04).

Maulida, A., Priyatna, M., & Wahidin, U. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Perspektif Mastuhu: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02).

Maulida, A. (2015). Metode dan Evaluasi Pendidikan Akhlak dalam Hadits Nabawi. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 04(02).

Maulida, A. (2013). Konsep Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2014). Analisa Kebijakan Publik Konversi IAIN Menjadi UIN. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(05).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama'ah Al-Syafi'i. Edukasi: Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Sarifudin & Maya, R. (2019). Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(02).

Sumber dari Buku

Djunaidi Ghony, M. & Almanshur, Fauzan. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Maragustam. (2014). Filsafat Pendidikan Islam; Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i01.949 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Shoffan Banany, Rahendra Maya, Ali Maulida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats