UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQUR’AN PESERTA DIDIK (Studi Kelas VIII Takhassus di SMP IT Baitul Ilmi Cianjur Tahun Ajaran 2019/2020)

Jamjami Jamjami, Rahendra Maya, Ade Wahidin

Abstract


Berdasarkan hafalan Al-Qur’an peserta didik, peneliti melakukan penelitian kualitatif untuk mendapatkan informasi secara mendalam, mencatat, menggambarkan, menganalisis, dan menginterpretasikan objek yang diteliti, hal demikian dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Kelas VIII Takhassus SMP IT Baitul Ilmi Cianjur pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan upaya guru tahfiz antara lain: 1) Memberikan motivasi, membuatkan target hafalan, menyetorkan hafalannya, dan memberikan ijazah. 2) Faktor pendukung: lingkungan yang nyaman, kemampuan menghafal yang cepat, sarana prasarana yang mendukung, dan kuatnya keyakinan. 3) Faktor penghambat: kurangnya pengawasan, sibuk dengan perkara lain, kurangnya muraja’ah, dan manajemen waktu kurang baik. 4) Solusi dari faktor penghambat: meningkatkan pengawasan, mengarahkan agar fokus hanya kepada Al-Qur’an, menjadwalkan muraja’ah rutin, dan mengatur waktu dengan sebaik-baiknya.

Keywords


guru, hafalan Al-Qur’an, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Hidayat Ginanjar, M. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruh terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(1).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Purnama, R. (2018). ”Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Skripsi. Bogor: STAI Al-Hidayah.

Wahidin, A. (2017). Filosofi Manusia Sebagai Pendidik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07).

Wahidin, A. (2018). Dialektika Rasulullah terhadap Al-Qur’an . Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 03(02).

Sumber dari Buku

Departemen Agama. (2011). Al-Qur’an dan terjemahnya. Bekasi: Cipta Bagus Segara.

Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, T. (2016). Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Semarang.

Nusa, P dan Lisnawati, S. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung. PT Remaja Rosdakarya..

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sarbini, M. (2014). Pendidikan Rabbani di Masa Rasulullah ‘Shalallohu ‘Alaihi Wa Sallam. Bogor: Marwah Indo Media.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i01.932 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jamjami Jamjami, Rahendra Maya, Ade Wahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats