UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MEMBACA AL-QUR’AN JUZ 30 MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) Studi di SDN Kedung Jaya 2 Kota Bogor Tahun Ajaran 2019/2020

Arofatu Sadiah, Unang Wahidin, Moch. Yasyakur

Abstract


Setiap muslim tentu ingin bisa membaca Al-Qur’an secara benar dan baik, karenanya setiap muslim pasti berusaha dengan belajar kepada guru dan berdoa kepada Allah agar dimudahkan. Tugas guru ialah mendidik, mengarahkan, dan melatih agar tujuan tercapai. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar siswa secara kualitatif dalam membaca Al-Qur’an Juz 30 adalah bisa membaca Al-Qur’an dengan cukup lancar, menyebutkan huruf dengan tepat, mengucapkan makhorijul huruf yang benar, dan hukum tajwid yang benar; 2) Upaya guru PAI dan Budi Pekerti ialah memotivasi, kekreativitasan guru, mendisiplinkan siswa, kerjasama guru dengan orangtua, dan kerjasama dengan lembaga TPQ At Taufiq; 3) Faktor pendukungnya yaitu teknis pelaksanaan terstruktur konsisten dan kerjasama yang baik, sarana dan prasarana cukup mendukung, kemampuan dan latar belakang pendidikan guru, bakat, minat dan motivasi, peran orangtua, dan lingkungan di rumah; 4) Faktor penghambatnya adalah malas, tidak fokus, kejenuhan belajar, kurangnya perhatian dari orangtua dan kondisi lingkungan di sekitar rumah, dan wali kelas non-muslim; 5) Solusinya adalah melakukan pendekatan, mencari informasi penyebabnya, memotivasi dan mengapresiasi, mengarahkan, pembelajaran lebih menarik, memberikan kartu evaluasi, dan dibimbing guru lain atau dipimpin oleh siswa yang sudah lancar bacaan Al-Qur’an Juz 30-nya.

Keywords


upaya, guru PAI, membaca Al-Qur’an, literasi

Full Text:

PDF

References


Hidayat, S.R.M.S. (2018). Implementasi Metode At-Tahsin dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Taman Pendidikan Alquran (TPA) Hunafa Anak Shaleh dan Shalehah Kecamatan Jagarkarsa Kota Jakarta Selatan. Prosa PAI: Pendidikan Agama Islam, 01(01).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Pespektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Edukasi Islam, 06(12).

Maya, R. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismail Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01).

Nelidar. (2016). Model Pembelajaran Make a Match dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII C SMPN Negeri 200 Jakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 05(10).

Su’dadah. (2014). Pendidikan Budi Pekerti ( Integritas Nilai Moral Agama dengan Pendidikan Budi Pekerti). Jurnal Pendidikan, 02(01).

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 07(02).

Yasyakur, M. (2017). Model Pembelajaran Berkarakter dalam Perspektif Alquran (Pada Sekolah Islam Terpadu Full Day School). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Sumber dari Buku

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Iriantara, Y. (2017). Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ramayulis, (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Romdhoni, A. (2013). Al-Qur’an dan Literasi. Depok: Literatur Nusantara.

Tim Penyusun Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.

Thohar, M.S. (2014). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Alfatih.

Uhbiyati, N. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.

Utama, D. dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wiyani, N.A. (2015). Etika dan Profesi Keguruan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.877 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arofatu Sadiah, Unang Wahidin, Moch. Yasyakur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats