IMPLEMENTASI METODE IQRO DALAM MENGATASI BUTA HURUF AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DEWASA: Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Sindang Raya Tamansari Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020

Nano Supriatno, Rahendra Maya, Muhamad Priyatna

Abstract


Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, kondisi membaca Al-Qur’an pada peserta didik dewasa, di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Sindang Raya Tamansari Bogor adalah: (a) sudah bisa membaca huruf hijaiyah; (b) masih ada kekeliruan bacaan dalam segi makharijul huruf dan sifatul huruf; dan (c) bacaan keliru pada huruf tertentu. Kedua, implementasi metode Iqro’ dalam mengatasi buta huruf Al-Qur’an pada peserta didik dewasa adalah: (a) membantu kesulitan membaca Al-Qur’an; (b) keunggulan metode Iqro’ yang sangat masyhur; (c) meningkatkan minat peserta didik; (d) meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an; (e) materi tambahan seperti: ilmu tajwid, hafalan surat-surat pendek, hafalan doa sehari-hari, dan ilmu fiqih; dan (f) evaluasi pembelajaran Al-Qur’an.  Ketiga, faktor pendukungnya adalah: (a) guru berdedikasi tinggi; (b) keterampilan mengajar; (c) pengetahuan yang mendalam; (d) dukungan masyarakat; (e) ruangan bersih dan nyaman; dan (f) tempat yang strategis. Keempat, faktor penghambatnya adalah: (a) pembelajaran kaku dan monoton; (b) waktu yang terbatas; (c) kurangnya inisiatif; (d) sibuk bekerja; (e) kurang minat belajar Al-Qur’an; dan (f) sarana dan prasarana kurang memadai. Kelima, solusi terhadap faktor penghambatnya adalah: (a) mengadakan seminar pendidikan; (b) menambah durasi waktu; (c) menambah pengetahuan; (d) mengatur jadwal pembelajaran; (e) memberikan arahan; (f) mengajukan sarana dan prasarana bila perlu perbaikan kepada Dewan Kemakmuran Masjid Sindang Raya.

Keywords


cara, buta aksara, al-kitab, dewasa

Full Text:

PDF

References


Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. dan Syafri, U, Amri. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Isma’il Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01).

Priyatna, M. (2017). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Syariah di STAI Al-Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07).

Rahmawati, N. & Munadi, M. (2019). Pembentukan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas X di SMK N 1 Sragen Tahun Aajaran 2017/2018. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01).

Sumber dari Buku

Manna, A. (2016). Pengantar Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Salim, M. H. (2013). Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ismail. (2011). Strategi Pembelajaran Berbasis FAIKEM. Semarang: ReSAIL Media Group.

Wahidi, R. dkk. (2013). Beli Surga Dengan Al-Qur’an Kumpulan Dalil dan Kisah Luar Biasa Pembaca dan Penghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Mutiara Media.

Sumber dari Skripsi

Mukhlishoh C. M. (2017). Evaluasi Penerapan Buta Huruf Al-Qur’an (PBHAQ) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017: Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sumber dari Website

(http://desmawatiroza.blogspot.co.id)


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.875 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nano Supriatno, Rahendra Maya, Muhamad Priyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats