UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII DI MTS IBNU TAIMIYAH KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Arif Nurhadi, Agus Sarifudin, Sarifudin Sarifudin

Abstract


Pendidikan di Indonesia pada saat ini masih menganggap bahwa seorang yang cerdas adalah yang memperoleh nilai paling bagus, yaitu siswa yang IQ-nya berada di atas rata-rata. Sementara sikap, kreativitas siwa, kemandirian dan emosi belum mendapat penilaian secara intensif. Menurut Goleman kecerdasan intelektual hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan dari faktor kekuatan-kekuatan lain, di antaranya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kecerdasan emosional siswa di MTs Ibnu Taimiyah, upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Pertama: emosional siswa sebagai berikut: Rasa takut, labil, jail, egois, cemas, cepat terpengaruh oleh teman yang tidak baik dan khawatir. Kedua: upaya guru adalah: memberikan pemahaman tentang emosional memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah, berkomunikasi dengan orangtua siswa, memberikan nasehat. Ketiga: Faktor pendukung Adanya kerja sama antar guru, lingkungan sekolah, keteladan para guru-gurunya dan peraturan sekolah. Keempat: faktor penghambat Pemberian nasehat secara individu belum efektif, Masih ada campur tangan dari orang tua siswa, siswa belum memeliki kesadaran yang tinggi dalam belajar, cepat terpengaruh dengan teman yang tidak baik dan Kesolidan antara siswa dan guru masih kurang. Kelima: setiap guru khususnya wali kelas harus mengingat keutamaan ikhlas, Menumbuhkan kesadaran siswa pentingnya belajar, Mengingatkan siswa pentingnya memilih teman yang baik. memberikan Sanksi (Punishment) kepada santri yang tidak menaati peraturan sekolah.

Keywords


upaya, guru akidah ahklak, kecerdasan emosional, siswa

Full Text:

PDF

References


Mansyur, I., Maya, R., dan Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Jujur Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor.

Sarifudin. (2019). Implementasi Supervise Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasa Ibtidaiyah Negri (MIM) Kota Bogor.

Sarifudin dan Maya, R. (2019). Implementasi Menejemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam

Sumber dari Buku

Afiif, A. (2019). Psikologi Guru. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Makassar: Alauddin Press.

Goleman, D. (2015). Kecerdasan Emosional EL Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pusta Utam.

Ibrahim, M.M. (2011). Kecerdasan Emosional Siswa Berbakat Intelektual. Makassar: Alauddin Press.

Latuconsina, K.N. (2014). Akidah Akhlak Kontemporer. Makassar: Alauddin Unipersity Press.

Sumber dari Internet

Mimin Aminah. (2013) Kecerdasan Emosional Membentuk Krakter Peserta Didik http://makassar.tribunnews.com. 10 Desember 2012 diakses tanggal 12 Desember 2013.

Sumber dari Wawancar

Hasil Wawancara dengan Ustadz Habibi, M.Pd. 24 Oktober 2019. Pada pukul 09.59 WIB.

Hasil wawancara bersama Ustadz dedi surahman.SP.d.I. Pada pukul 06.23 WIB.

Hasil wawancara bersama Ustadz Ade Kiki koswara S.P.d. 14 oktober 2019. Pada pukul 05.59 wib


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i2.719 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Arif Nurhadi, Agus Sarifudin, Sarifudin Sarifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats