UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOPAN SANTUN TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI SIRNAGALIH 03 KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019

Fahri Solehudin, Muhammad Sarbini, Ali Maulida

Abstract


Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama, menunjukan perilaku sopan santun peserta didik seluruhnya di SD Negeri Sirnagalih 03, sudah mendekati kesempurnaan dalam perilaku sopan santun sesuai dengan tuntunan Rasulullah S.A.W. dalam keseharian peserta didik ketika di lingkungan sekolah; kedua, bahwa upaya yang telah dilakukan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam menanamkan perilaku sopan santun terhadap peserta didik telah melakukan beberapa kegiatan di luar kelas yang mendorong peserta didik agar peduli sesama teman seperti mengajak bersedekah kepada anak yatim; ketiga, di antara faktor pendukung dalam menanamkan  perilaku sopan santun yang paling utama adalah peran orang tua dan peran guru-guru; keempat, di antara faktor penghambat yang mempengaruhi dalam menanamkan perilaku sopan santun adalah lingkungan luar sekolah dan kurangnya guru yang profesional; kelima, di antara usaha atau solusi untuk mengatasi penghambat dalam menanamkan perilaku sopan santun adalah mengajak orang tua agar ikut aktif dalam mengawasi pergaulan peserta didik di luar lingkungan sekolah dan mencari guru profesional dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti.

Keywords


sopan santun, guru, upaya

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1).

Fahrudin, F. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 1(4).

Hakim, A.R. Sarbini, M. dan Maulida, A. (2019). Strategi Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMPIT Al-Hidayah Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1).

Ismail, M.I. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1).

Maulida, A. (2017). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak Dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Maya. R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Rasthantri, P. & Sudrajat, A. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Ketaatan Beribadah dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2).

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).

Sumber dari Buku

Abdur Rauf, A.A. (2019). Al-Qur’an Hafalan Mudah Terjemah dan Tajwid Al-Hufaz. Bandung: Penerbit Cordoba.

Daradjat, Z. dkk. (2014). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ihsan, U. dan Al-Atsari, A.I. (2015). Mencetak Generasi Rabban Mendidik Buah Hati Menggapai Ridha Ilahii. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Persepektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumber dari Internet/Website

https://id.m.wikipedia.org/wiki, diakses hari Sabtu tanggal 02 November 2019 pukul 09.20 WIB.

Hasil Wawancara

Hasil wawancara dengan HS/PAI/W/31/10/2019 (Kamis, 31 Oktober 2019 di SD Negeri Sirnagalih 03 Kabupaten Bogor, pukul 09.30 WIB)


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i2.695 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fahri Solehudin, Muhammad Sarbini, Ali Maulida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats