UPAYA GURU TAHFIZH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQURAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL ZAM-ZAM DESA PERNASIDI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2019/2020

Putra Aditian Utama, Muhamad Priyatna, Ade Wahidin

Abstract


Alquran merupakan sumber hukum agama Islam. Banyak kalangan yang berusaha menghafal Alquran untuk meraih keutamaan menghafal Alquran. SMA Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam merupakan salah satu sekolah yang mewajibkan peserta didiknya untuk menghafalkan Alquran dengan target tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, kondisi hafalan Alquran peserta didik SMA Muhammadiyah Boarding School Zam-Zam Kelas XI Tahun Ajaran 2019/2020 dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peserta didik telah mencapai target hafalan yang ditentukan. Kedua, upaya guru tahfizh dalam meningkatkan hafalan Alquran peserta didik kelas XI adalah (a) Standardisasi bacaan Alquran; (b) Program setoran; (c) Halakah Alquran; (d) Dauroh Aquran; dan (e) Muroja’ah hafalan. Ketiga, faktor-faktor pendukung hafalan Alquran peserta didik Kelas XI adalah (a) Motivasi peserta didik dalam menghafal Alquran; (b) Kebiasaan menghafal Alquran;  dan (c) Pengawasan yang intensif dari muhaffiz. Keempat, faktor-faktor penghambat dalam menghafal Alquran adalah (a) Memikirkan pekerjaan setelah lulus; (b) Jadwal menghafal yang singkat serta pembelajaran yang padat; dan (c) Kantuk. Kelima, solusi terhadap faktor-faktor penghambat adalah (a) Motivasi dari Muhaffiz dan pemilihan peserta didik teladan; (b) Tambahan waktu menghafal Alquran; dan (c) Berdiri saat mengantuk dan wudu.

Keywords


guru tahfiz, hafalan Alquran, peserta didik

Full Text:

PDF

References


Sumber dari Jurnal

Akbar, G. (2013). Metode pembelajaran alquran melalui media online. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2(1).

Fachrudin, Y. (2017). Pembinaan Tahfizh Al-Quran di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Tangerang. Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), h. 325-348.

Ginanjar, M.H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Indonesia, R. (2010). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Republik Indonesia. (2010). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Iendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia. lik Indonesia.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Priyatna, M. (2017). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Syariah di STAI Al-Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07).

Purnama, R., Maya, R., dan Sarifudin. (2018). Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Bogor.

Putri, A.S. & Uyun, Q. (2017). Hubungan Tawakal dan Resiliensi pada Santri Remaja Penghafal Al Quran di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Islam, 4(1).

Wahidin, A. (2018). Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Mawardi. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2).

Sumber dari Buku

Al-Hajri, H.H. (2011). Agar Anak Mudah Menghafal Alquran. Jakarta timur: Darus Sunnah Press.

Ali, S. (2015). Pengantar Pendidikan Islam). Bogor: Marwah Indo Media.

Bahruddin, E dan Hamdi, A.S. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bogor: UIKA Press.

Farid, A. (2011). Pendidikan Berbasis Metode Ahlus Sunnah wal Jamaah. Surabaya: Pustaka eLBA.

Nashr, M.M. (2010). Wasiat Rasul Kepada Pembaca dan Penghafal al-Qur’an. Surakarta: al-Qawam.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Poerwadarminta, Wilfridus Josephus Sabarija. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sumber Wawancara

Hasil wawancara dengan key informat lima hari Rabu 22 September 2019 pukul 17.02 WIB.

Data hasil wawancara hari Kamis, 17 Oktober 2019 pukul 18.25 WIB dengan key informant empat.

Data hasil wawancara hari Senin, 09 September 2019 pukul 18.30 WIB dengan key informant satu.

Data hasil wawancara hari Senin, 23 September 2019 pukul 18.30 WIB dengan key informant dua.

Data hasil wawancara hari Selasa, 17 September 2019 pukul 18.35 WIB dengan key informant tiga.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i2.666 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Putra Aditian Utama, Muhamad Priyatna, Ade Wahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats