STRATEGI MUDARRIS TAHFIZH ALQURAN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQURAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JANNAH DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019

Wahyu Maulana, Rahendra Maya, Muhamad Priyatna

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pondok pesantren yang mengkhususkan program pendidikannya dalam menghafal Alquran, termasuk di Pondok Pesantren Nurul Jannah Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Keberhasilan dari hafalan Alquran ini salah satunya ditentukan oleh strategi mudarris tahfizh yang disusun secara khusus dalam meningkatan hafalan Alquran tersebut. Oleh karena itu, penting bagi mudarris tahfizh dalam memilih dan menentukan strategi yang tepat untuk digunakan bagi santri dalam meningkatkan hafalan Alquran. Adapun hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Strategi mudarris tahfizh dalam meningkatkan hafalan Alquran santri di Pondok Pesantren Nurul Jannah yaitu dengan Tahsin, Tahfizh, Tasmi’, mengulang bacaan/Muraja’ah, setoran muraja’ah, dan imtihan/evaluasi; (2) Faktor-faktor pendukungnya adalah: akhlak santri yang baik, lingkungan yang nyaman dan sejuk, memiliki fasilitas yang mendukung, memiliki motivasi tinggi, fokus dalam menghafal Alquran, dan sudah bisa membaca Alquran; (3) sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah adanya keterpaksaan dalam menghafal Alquran, belum bisa menikmati bacaan Alquran, banyak bermaksiat, kurangnya kesabaran, manajemen waktu yang kurang baik, dan sering berganti mushaf Alquran; dan (4) Solusi dari faktor penghambat adalah ikhlas dalam menghafal Alquran, memiliki bacaan Alquran yang baik dan benar, senantiasa bertaqwa, senantiasa untuk bersabar, menejemen waktu yang baik, dan senantiasa menghafal dengan satu Mushaf Alquran.

Keywords


strategi mudaris, konsep mudaris, konsep hafalan alquran

Full Text:

PDF

References


Ginanjar, M.H. (2017). Aktivitas Menghafal Alquran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami Tamansari Bogor. Edukasi Islami: Julnal Pendidikan Islam, 6(11).

Mudofar, M. (2017). Strategi Pembelajaran Tahfidzul Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Boyolali. Tesis: Fakultas Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Surakarta.

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syafi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).

Sumber dari Buku

Salam, A.Y.B. (2013). Hakikat dan Fadhilah Tadabur Alquran. Bekasi: Naashirussunnah.

Adhim, S.A. (2013). Nikmatnya Membaca Alquran. Solo: Aqwam.

Al-Utsaimin, M.S. (2016). Panduan Lengkap Menuntut Ilmu: Disertai 119 Tanya Jawab. Jakarta: Pustak Ibnu Katsir.

Anwar, A. (2009). Ulumul Quran Sebuah Pengantar. Jakarta: Amzah.

An-Nawawi. (2014). Riyadhush Shalihin. Jakarta: Darul Haq.

An-Nawawi. (2016). Riyadhus Shalihin. Sukoharjo: Insan Kamil.

Daulay, H.P. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Sistem Pendidkan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Departemen Agama RI. (2019). Alquran dan Terjemahan. Jakarta: Cahaya Qur’an.

Ghajali, D.A. dan Gunawan, H. (2015). Studi Islam Suatu Pengantar dengan Pendekatan Interdisipliner. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Jawrah, A.A.A. (2017). Hafal Alquran dan Lancar Seumur Hidup. Jakarta: PT Gramedia.

Mawardi. (2013). Pengantar Ulumul Quran. Banda Aceh: Pena.

Nizar, S. dan Hasibuan, Z.E. (2018). Pendidikan Ideal Bangunan Character Building. Depok: PrenadaMedia Group.

Ramayulis dan Nizar, S. (2011). Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan di Era Rasulullah Sampai Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ramayulis dan Nizar, S. (2011). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Tim Yayasan Al-Muntada Al-Islami. (2017). Panduan Mengelola Sekolah Tahfizh. Sukoharjo: Alqowam.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Temuan

Hasil observasi pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2019 pukul 13:15 WIB.

Hasil wawancara dengan AS pada hari Senin tanggal 09 Juli 2019 pukul 16:35 WIB.

Hasil wawancara dengan AS pada hari Senin tanggal 09 Juli 2019 pukul 18:25 WIB.

Hasil wawancara dengan AS pada hari Senin tanggal 09 Juli 2019 pukul 16:35 WIB.

Hasil wawancara dengan MF pada hari Kamis tanggal 01 Agustus 2019 Pukul 20.00 WIB.

Hasil wawancara dengan MR pada hari Rabu tanggal 07 Agustus 2019 Pukul 20.00 WIB.

Hasil wawancara dengan SJ pada hari Senin 15 Juli 2019 pukul 12:58 WIB.

Hasil wawancara dengan SJ pada hari Senin 15 Juli 2019 pukul 13.00 WIB.

Hasil wawancara dengan SJ pada hari Senin 15 Juli 2019 pukul 13:00 WIB.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.627 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wahyu Maulana, Rahendra Maya, Muhamad Priyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats