UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 DRAMAGA BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • Ferdy Prayitno Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-6785-0777
  • Muhamad Priyatna Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.587

Keywords:

motivasi, budi pekerti, agama Islam

Abstract

Upaya pembelajaran yang dilakukan guru untuk mendorong siswa supaya belajar dengan  maksimal antara lain  dengan cara memberikan  motivasi. Motivasi yang kuat pengaruhnya dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik dengan usaha yang tekun, maka seseorang yang belajar akan mendapatkan prestasi yang baik. Peneliti bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agana Islam (PAI) dan Budi Pekerti, faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi mengatasi faktor penghambat  meningkatkan motivasi belajar di SMP Negeri 2 Dramaga Bogor. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, upaya guru PAI   dan Budi Pekerti dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 2 Dramaga. Program-program kegiatan yang dilakukan di sana sangat mendukung anak didik agar dapat lebih semangat belajar karena dampaknya membuat  siswa termotivasi dengan kegiatan tersebut. Kedua, di antara faktor pendukung guru PAI dan Budi Pekerti meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 2 Dramaga adalah  (a). Adanya sholat dhuha berjamah; (b). Adanya One day one juz; (c). Adanya tausiyah atau ceramah; (d) Adanya  BTQ (baca tulis Al-Qur’an; dan (e). Adanya  sholat dzuhur berjamaah. Ketiga, di antara faktor penghambat bagi guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan motivasi (a); Sarana-prasarana keagamaan belum memadai; (b). Mengantuk pada jam pelajaran; dan (c). Terbatasnya tenaga pengajar keagamaan. Keempat, solusi dalam mengatasi faktor penghambat guru PAI dan Budi Pekerti dalam meningkatkan motivasi belajar adalah (a); Menambah sarana dan prasarana keagamaan; (b). Guru menggunakan metode belajar yang menyenangkan; dan (c). Menambah tenaga pengajar keagamaan.

References

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Berkarakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-IttibÄ’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Priyatna, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (10).

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).

Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02).

Wahidin, U. (2016). Peran Budaya Organisasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Masyarakat, Negara, dan Bangsa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (4).

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedislipinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Sumber dari Buku:

Aan K. dan Engkoswara. (2011). Administator Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

AM. Sudirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Sinar Grafika.

Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Akualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Muslih, S. dan Syafaat. (2011). Peranan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Raharjo, F., dkk. (2014). Himpunan Lengkap Undang-Undang Sistem Nasional. Jogjakarta: Saufa.

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis, (2018). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Sardimi. dan Darsimi. (2011). Pendidikan Islam & ESQ: Komparasi-Integratif Upaya Menuju Stadium Insann Kamil. Semarang: PT Rasail Media Group.

Sudiyono, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Sukmadinata, N.S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2013). UU RI No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Presepektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumber Wawancara:

Hasil Wawancara dengan Ahmad Suharto, hari, Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 10:25

Hasil Wawancara dengan Elis Susiawati hari, Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 08:45

Hasil Wawancara dengan Yudi Iswantari hari, Kamis tanggal 23 Mei 2019 Pukul 10:35.

Downloads

Published

2019-12-10

How to Cite

Prayitno, F., Maya, R., & Priyatna, M. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 DRAMAGA BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1B), 246–258. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.587

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>