IMPLEMENTASI METODE JIBRIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PADA SISWA KELAS V DI SDIT AL-QOLAM NGAWI JAWA TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020

Rahmandika Priasandi, Rahendra Maya, Unang Wahidin

Abstract


Intisari Metode Jibril adalah talqin-taqlid (menirukan), yaitu murid menirukan bacaan gurunya dimana posisi guru sebagai sumber belajar atau pusat informasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan membaca Alquran siswa Kelas V; (2) Mengetahui implementasi Metode Jibril; (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung Metode Jibril; (4) Mengetahui faktor-faktor penghambat Metode Jibril; (5) Mengetahui solusi dalam mengatasi faktor-faktor penghambat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan sehingga bersifat deskriptif intepretatif. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Sebagian siswa Kelas V mampu membaca Alquran; (2) Pelaksanaan Metode Jibril di SDIT Al Qolam Ngawi meliputi guru mentalaqi per ayat kemudian siswa menirukan sesuai hukum bacaannya, siswa membacakan kembali ayat kepada guru untuk dikoreksi dan setelah bacaan siswa benar baru di hafal dan kemudian disetorkan; (3) Faktor pendukung: guru yang selalu membimbing setiap pembelajaran,orangtua yang selalu mengingatkan untuk murojaah, waktu belajar Alquran yang banyak serta fasilitas sekolah yang memadai; (4) Faktor penghambat: jumlah dan kemampuan guru yang terbatas, kemampuan siswa yang berbeda-beda, orang tua yang belum bisa membaca Alquran dan media pembelajaran yang kurang memadai; dan (5) Solusi yang dilakukan; terus membimbing siswa sesuai kemampuannya, memberikan pelatihan kepada orang tua siswa, menambah jumlah guru dan melakukan pelatihan serta menambah sarana dan prasarana.

Keywords


Implementasi, metode jibril, kemampuan, Alquran

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). 404-415.

Aulina, C. (2012). Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2).

Imtihana, A. (2016). Implementasi Metode Jibril dalam Pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an di SD Islam Terpadu Ar-Ridho Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Khumaeni, M. (2011) Implementasi Pembelajaran Alqur'an Melalui Metode Jibril bagi Santri Pondok Pesantren Tahfidhul Qur'an Sunan Giri Surabaya. Undergraduate thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-Ittiba’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maya, R. (2017). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Priyatna, M. (2017). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Syariah di STAI Al Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.

Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).

Wahidin, U. (2012). Budaya Gemar Membaca Sejak Usia Dini. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(01).

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Sumber dari Buku

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Nurdin dan Usman. (2011). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Pers.

Zen, M. (2013). Tahfidz Al-Qur’an Metode Lauhun. Jakarta: Transpustaka.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.579 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmandika Priasandi, Rahendra Maya, Unang Wahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats