IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID MENGGUNAKAN KITAB MATAN AL-MUQADDIMAH AL-JAZARIYYAH: Studi pada Santri Mukim di Pondok Pesantren Darus Sa’adah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Tahun 2019

Febriyansyah Febriyansyah, Rahendra Maya, Ali Maulida

Abstract


Pembelajaran ilmu tajwid merupakan cabang ilmu yang hukum mempelajarinya adalah fardhu kifayah dan hukum membaca Alquran dengan kaidah ilmu tajwid tersebut adalah fardhu ain. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, pembelajaran yang diperlukan adalah metode talaqqi, media pembelajaran papan tulis dan spidol, sumber buku adalah kitab Matan Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah, dan imtihan. Kedua, faktor pendukung antara lain: kualitas mudarris, sistem pembelajaran, metode talaqqi, lingkungan yang kondusif, dan fasilitas yang lengkap. Ketiga, faktor penghambat antara lain: daya tangkap sebagian santri yang lemah, media pembelajaran yang kurang, minat sebagian santri yang rendah, kurangnya motivasi, dan psikologi santri. Keempat, solusi untuk mengatasi faktor penghambat antara lain: menambah program pembelajaran tambahan di luar waktu normal, penambahan media pembelajaran,  dan pihak pondok pesantren bekerjasama dengan asatidz untuk senantiasa memberikan motivasi, dan melakukan pendekatan-pendekatan secara fleksibel terhadap psikologi santri

Keywords


implementasi pembelajaran, Matan Al-Muqaddimah Al-Jazariyyah.

Full Text:

PDF

References


Mashuri, M. (2016). Peran Imam Shatibi dan Ibn Al-Jazari dalam Ilmu Qira’at (Studi Analisis Historis). Mafhum, 1(1).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maulida, A. (2017). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan, dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-ayat Pendidikan). Edukasi Isami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qaur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Maya, R. (2017). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).

Sarbini, M. (2017). Pendidikan Keluarga Muslim dalam Perspektif Fiqih Alquran Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08).

Satria, E., Tresnawati, D., dan Nurvitrya, A. (2015). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Multimedia. Jurnal Algoritma, 12(1).

Susianti, C. (2017). Efektivitas Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1).

Sumber dari Buku

Abdurohim, A.I. (2017). Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung: CV Diponegoro.

Al-Hafizh, A.A.A.R. (2018). Pedoman Dauroh Al-Quran Panduan Ilmu Tajwid Aaplikatif. Jakarta Timur: Markaz Alquran.

Al-Mujahid, A.T.H. (2017). Ilmu Tajwid Pegangan Para Pengajar Alquran dan Aktifis Dakwah. Jakarta: Darus Sunnah.

Andy, A.Y. (2010). Ilmu Tajwid Pedoman Membaca Alquran. Jombang: Pelita Offset.

Badrusalam dan Djamaludin, A.S. (2016). Syarah Riyadhus Shalihin. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Bisri, H. (2016). Pengantar Memahami Matan Jazariyyah. Depok: Diandra Kreatif.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jazari, I. Manzhumah Al-Muqaddimah. Jeddah: Al-Maktabah Dar Nur.

Katsir, I. (2016). Terjemah Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press.

Qomar, M. (2014). Menggagas Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Yayasan Penyelenggara/Penafsiran Alquran. (2018). Al-Fath Tajwid dan Terjemah. Jakarta Selatan: CV Alfatih Berkah Cipta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.574 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Febriyansyah Febriyansyah, Rahendra Maya, Ali Maulida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats