UPAYA GURU QIRAATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN PADA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SDIT AT-TAUFIQ CIMANGGU BOGOR

Zainal Abidin, Rahendra Maya, Muhamad Priyatna

Abstract


Mampu membaca Alquran dengan baik dan benar merupakan sebuah keniscayaan bagi setiap Muslim. Namun betapa tidak sedikitnya jumlah kaum muslimin yang belum mampu membacanya, kecuali bagi mereka yang mendapatkan hidayah Allah S.W.T. Guru adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkan tersebut. Hasil penelitian antara lain: 1. Upaya guru Qiraati dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran di SDIT At-Taufiq Cimanggu Bogor, yaitu DAKTUN, TIWAGAS, CBSA+M, dan LCTB; 2. Faktor pendukung adalah minat, bakat, motivasi, sarana dan prasarana memadai, lingkungan sosial sekolah, kerjasama antara guru dan orang tua; 3. Faktor penghambat adalah malas, jenuh, kurang mengulang-ulang materi, tidak fokus, dan terlambat untuk mengikuti KBM; dan 4. Solusi faktor penghambat adalah guru dan orang tua berikan arahan, mengubah metode penyampaian, kerjasama antara guru dan orang tua, memindahkan posisi duduk, dan menambah waktu belajar

Keywords


upaya, guru, meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran

Full Text:

PDF

References


Aliwar. (2016). “Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Alquran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi Taman Pendidikan Anak”. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1).

Maya, A. A. R. (2017). Perspektif Al-Qur ‘an Tentang konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Rahman, A., Maya, R., & Sholahudin, S. (2018). KONSEP AL-ṢIRᾹṬ AL-MUSTAQĪM DALAM AL-QURAN (Studi Tafsir Tematik Ayat-ayat yang Menjelaskan Term Al-Ṣirāṭ Al-Mustaqīm). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(02), 211-238.

Nuryamin. (2015). Pengaruh Kemampuan Baca Tulis Alquran terhadap Hasil Belajar Tafsir Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Lentera Pendidikan, 18(1).

Wahidin, A. (2018). DIALEKTIKA RASULULLAH TERHADAP AL-QURAN. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(02), 185-210.

Apandi, I. (2015). Guru Kalbu: Penguatan Soft Skill untuk Mewujudkan Guru Profesional dan Berkarakter. Cimahi: SMILE’s Publishing.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogjakarta: DIVA Press.

Hamdayama, J. (2016). Metode Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumianto, E. (2016). Metode Praktis Belajar Membaca Alquran Smart Tahsin. Sukoharjo: Ashhabul Quran.

Subini, N. (2012). Awas Jangan Jadi Guru Karbitan. Jakarta: Javalitera.

Hasil wawancara dengan Bapak Abdul Ajid pada hari Kami tanggal 02 Mei 2019 pukul 11.00 WIB.

Hasil wawancara dengan Bapak Handi Setia Budi pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2019 pukul 20.40 WIB


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v2i1.532 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zainal Abidin, Rahendra Maya, Muhamad Priyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats