UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN KARAKTER JUJUR PADA SISWA KELAS XI SMA BINA BANGSA SEJAHTERA KOTA BOGOR

Imam Mansyur, Rahendra Maya, Unang Wahidin

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah adanya krisis multidimensional yang diperburuk dengan krisis moral dan budi pekerti yang berimbas pada generasi muda terutama pelajar yang melakukan perilaku tidak terpuji baik di dalam maupun di luar sekolah. SMA Bina Bangsa Sejahtera (BBS) Bogor merupakan salah satu sekolah menanamkan karakter jujur pada siswa agar memiliki pandangan hidup serta berpegang teguh pada nilai-nilai atau ajaran-ajaran Islam. Dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti harus melakukan bimbingan dan asuhan yang berkualitas dalam menanamkan karakter jujur. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin mengetahui bagaimana upaya guru PAI dan Budi Pekerti dalam menanamkan karakter jujur pada siswa Kelas XI di SMA BBS Bogor. Adapun hasil penelitian antara lain: Kondisi karakter jujur siswa sudah dilaksanakan oleh SMA BBS. Upaya guru dalam menanamkan karakter jujur pada siswa dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan pihak sekolah maupun orang tua/wali dan berperan sebagai pengawas, pembimbing, teladan, dan pemberi hukuman. Implementasi upaya guru dalam menanamkan karakter jujur pada siswa dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa agar membuat dan menyelesaikan tugas secara benar serta seta tidak mencontek maupun memberi contekan. Faktor pendukung yang ditemukan yaitu adanya kerja sama dalam melakukan pengawasan, lingkungan sekolah yang menerapkan kegiatan keagamaan, kegiatan sekolah yang mendukung, dan adanya tata tertib di sekolah. Faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu, keterbatasan pengawasan dari pihak sekolah, lingkungan pergaulan siswa, minimnya pendidikan orang tua terhadap agama, dan perhatian orang tua

Full Text:

PDF

References


Erlangga, Y. (2013). Panduan Pendidikan Anti Korupsi. Jakarta: Erlangga Group.

Hamka, A.A. (2012). Karakter Guru Profesional. Jakarta: Al-Mawardi Prima.

Husamah. (2015). Kamus Psikologi Lengkap. Yogyakarta. CV Andi Offise. h. 182

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Ngajenan, M. (1990). Kamus Etismologi Bahasa Indonesia. Semarang: Dahara Prizze.

Nurla, I. dan Aunillah. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitati, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Hasil observasi


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats