PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA SMK AL-BANA CILEBUT BOGOR

Rahmat Hidayat, Muhammad Sarbini, Ali Maulida

Abstract


Kepribadian merupakan faktor yang cukup penting bagi keberhasilan pesrta didik dalam proses pembelajaran. Penanaman kebiasaan baik sedini mungkin sangat penting bagi diri peserta didik. Guru merupakan orang yang memiliki peranan penting di sekolah, terutama guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan pendidik dan bertanggung jawab langsung terhadap pembinaan akhlak dan penanaman norma hukum tentang baik buruk serta bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, metode, faktor pendukung, dan faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa SMK Al-Bana. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus, melalui teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan  dari penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk kepribadian siswa SMK Al-Bana Cilebut Bogor dilaksanakan secara intensif setiap hari dan terus menerus. Guru PAI berperan sebagai pengawas, pembimbing, teladan, dan pemberi hukuman dan ganjaran. Metode yang digunakan yaitu metode tanya jawab, diskusi, ceramah, dan keteladanan. Faktor pendukung adalah sarana media pembelajaran seperti menggunakan LCD proyektor, buku-buku paket, dan buku LKS yang telah tersedia di sekolah. Sedangkan faktor penghambat adalah terdapat pada kepribadian masing-masing setiap peserta didik yang kurang memperhatikan guru saat proses belajar mengajar berlangsung.

Full Text:

PDF

References


Az-Za’balawi, M. Sayyid Muhammad. (2007). Pendidikan Remaja Antara Islam dan Ilmu Jiwa. Depok: Gema Insani.

Baiti, N. (2104). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Siswa di SMP Al-Muttaqin Jakarta. Jakarta: Fakultas Tarbiyah, UIN Syarif Hidayatullah.

Departemen Agama RI. (2015). Qur’an Hafalan dan Terjemahan. Jakarta: Almahira.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah diterima Murid. Jogyakarta: Diva Press.

Hasil dokumentasi berupa foto di SMK Al-Bana Cilebut Bogor (24 Mei 2018)

Hasil wawancara dengan G.IB.S (11 Juli 2018 di ruang tamu kantor pukul 11.10 WIB)

Jamaluddin, D. (2013). Paradigma Pedidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia. h. 71.

Maulida, A. (2017). METODE DAN EVALUASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM HADITS NABAWI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Maya, R. (2017). KARAKTER (ADAB) GURU DAN MURID PERSPEKTIF IBN JAMÂ’AH AL-SYÂFI’Î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Muhaimin. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V.W. (2014). Metodologi penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Sukmadinata, N.S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahidin, U. (2018). IMPLEMENTASI LITERASI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Zuriah, N. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats