PENGARUH MAJELIS TAKLIM IBU-IBU TERHADAP TERHADAP MINAT MENDALAMI AGAMA ISLAM (Studi Kasus Masjid Thoriqotus Sa’adah Kecamatan Ciampea Bogor)

Rini Widi Astuti, Muhamad Priyatna, Agus Sarifudin

Abstract


Majelis Taklim merupakan salah satu tempat untuk mensyiarkan agama, dimana dalam kegiatan tersebut memberikan pengetahuan tentang ajaran-ajaran agama Islam melalui kajian-kajian yang disampaikan oleh ustadz. Hal ini menjadi sebuah daya tarik masyarakat untuk mengikuti dan memperdalam agama Islam. Maka dengan adanya aktivitas Majelis Taklim ini sangat membantu pendidikan atau pengetahuan ibu-ibu dalam menambah ilmu pengetahuan khususnya ilmu agama. Rumusan masalah penelitian, apakah aktivitas Majelis Taklim berpengaruh signifikan terhadap minat mendalami agama Islam. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh aktivitas Majelis Taklim ibu-ibu terhadap minat mendalami agama Islam. Penelitian ini merupakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara aktivitas Majelis Taklim ibu-ibu terhadap minat mendalami agama Islam di Masjid Thoriqotus Sa’adah Kecamatan Ciampea Bogor, Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan korelasi product moment pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan diperoleh r hitung sebesar 0,422 dan r tabel sebesar 0,361. Hasil ini berarti Hoditolak dan Ha diterima

Full Text:

PDF

References


Ali, D.M. (2011). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Daradjat, Z. (2011). Metodik Khusus gajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama. (2008). Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Diponogoro.

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Helmawati. (2013). Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim: Peran Aktif Majelis Ta’lim Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Muzayyin, A. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Priyatna, M. (2017). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-IHSAN BALEENDAH BANDUNG. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 22.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahidin, U. (2012). BUDAYA GEMAR MEMBACA SEJAK USIA DINI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats