IMLEMENTASI METODE KETELADANAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKHLAK AL-KARIMAH SISWA DI SMP ISLAM AL-I’TISHOM KELAS 7 TAHUN AJARAN 2017/2018

Yayat Yayat, Moch Yasyakur, Wartono Wartono

Abstract


Guru merupakan salah satu dari penentu keberhasilan dalam sebuah pendidikan. Oleh karena itu, setiap guru harus dapat mengimplementasikan dirinya sebagai guru yang dapat dijadikan teladan di dalam meningkatkan akhlak al-karimah bagi peserta didiknya. Adanya inovasi pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan itu maka harus bermuara pada guru. Keteladanan guru  dapat mewarnai perilaku siswanya yang akan semakin berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia terhadap dunia pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan. Siswa  dapat memberikan penilaian terhadap gurunya  dan menjadikan guru  sebagai orang yang lebih mempunyai peranan dan tanggung jawab dengan adanya pemahaman siswa terhadap guru yang dapat dijadikan teladan, maka akan membawa konsekuensi terhadap guru untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya karena proses belajar mengajar dan keberhasilan siswa sebagian besar ditentukan oleh guru sehingga guru dapat melaksanakan peran dan tanggung jawabnya secara profesional. Dari permasalahan di atas, maka penulis mencoba mengkaji tentang implementasi metode keteladanan guru dalam meningkatkan akhlak al-karimah siswa di SMP Islam Al-I’tishom Karawang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan akhlak yang baik dan mengimplementasikannya dalam setiap aktivitasnya sehari-hari. Penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Islam Al-I’tishom yang berjumlah lebih dar 100 siswa. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam implementasi metode keteladanan guru dalam meningkatkan akhlak al-karimah. maka harus adanya team work yang solid dan dukungan dari berbagai pihak terkait dalam lingkungan pendidikan tersebut. Implementasi metode keteladanan guru ini bukan hannya berguna bagi guru tetapi juga berguna bagi semua pelaku pendidikan. Dan keteladanan guru sangat diperlukan sekali oleh siswa-siswinya sebagai figur yang dapat memotivasi  siswanya untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan sesuai keteladanan yang telah dimiliki oleh guru dalam meningkatkan akhlak al-kariamah merupakan sumber daya manusia dan pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi.

Full Text:

PDF

References


Bukhari, U. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Dakir. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: mahasatya.

Guntur, S. (2007). Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.

Hadari, N. H. (2006). Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Maya, R. (2017). REVITALISASI KETELADANAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM: Upaya Menjawab Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 12.

Maya, R. (2017). KARAKTER (ADAB) GURU DAN MURID PERSPEKTIF IBN JAMÂ’AH AL-SYÂFI’Î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Maya, R. (2017). PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD QUTHB TENTANG METODE KETELADANAN (AL-TARBIYAH BI AL-QUDWAH). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 16.

Moleong, L.J. (2013). Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. (2007). Bimbingan Skripsi. Tesis. dan Karya Ilmiah. Jakarta: Gunung Persada Press.

Munawir, A. W. (1997). Kamus Al Munawir. Surabaya: Pustaka Progresif. Cetakan.

Nurdin, U. (2006). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Sarbini, M. (2014). Pendidikan Robbani di Masa Rasulullah. Bogor: Marwah Indo Media.

Sudiyono, H.M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam Jilid 1. Jakarta: Rinekacipta.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo: Jakarta.

Indrawan, W.S. (2011). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jombang: lintas media.

Wahidin, U. (2018). IMPLEMENTASI LITERASI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Yasyakur, M. (2017). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH SHOLAT LIMA WAKTU. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats